October 31, 2016

Toyota Hadirkan Bus Berteknologi Fuel-Cell. Pemerintah Jepang Jadi Konsumen Pertamanya

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Toyota Hadirkan Bus Berteknologi Fuel-Cell. Pemerintah Jepang Jadi Konsumen Pertamanya  

MOBITEKNO – Teknologi fuel cell vehicle (FCV) bukan hanya diterapkan Toyota pada sedan Mirai. Produsen otomotif raksasa, Toyota (Toyota Motor Corporation) belum lama ini (21/10/2016) mengumumkan akan membuat bus dengan teknologi FCV. Penampakan bus FCV bermerek Toyota ini di pasar akan mulai terjadia pada awal tahun depan.

Sebagai langkah awal, Toyota akan menjual dua unit bus FCV tersebut kepada pemerintahan Jepang (Tokyo Metropolitan Government) melalui biro transportasi (Bureau of Transportation() untuk dioperasikan sebagai bus dengan rute reguler atau tetap (fixed-route).

Selanjutnya, Toyota merencanakan akan merilis setidaknya 100 bus FCV tersebut di Tokyo menyamut Olimpiade Tokyo dan Paralympic Games pada tahun 2020 nanti.

""

Bus FCV yang ini akan dikembangkan Toyota bersama produsen spesialis bus dan truk Hino Motors Ltd. Dalam hal ini, Toyota akan memakai sistem fuel-cell (FC) yang sudah diterapkan pada mobil sedan Mirai. Agar output tenaganya besar, Toyota menggunakan dua fuel-cell (dua FC stacks), dua motor, dan 10 tangki hydrogen bertekanan tinggi.

Sistem FC stacks akan meghasilkan tenaga hingga 228 kW (114kW x 2) dengan tenaga motor maksimum 226kW (113kW x 2). Adapun output torsi maksimum adalah 670 Nm (335N·m x 2). Tangki penyimpan gas hidrogen (masing-masing 600 liter) diklaim sanggup menahan tekanan hingga 70 MPa.

Sistem fuel-cell pada bus dapat memasok tenaga listrik hingga 9kW (235kWh) ke kompoenen eksternal bus. Bahkan tenaga listriknya juga bisa digunakan untuk sumber listrik untuk kemah, pondok, atau rumah saat berada di luar jangkauan layanan listrik atau saat bencana.

Bus Toyota FCV akan memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi berturut-turut 10,525 m x 2,5 m x 3,34 m. Bus masuk kategori bus besar ini akan dijanjikan dapat mengangkut penumpang hingga 77 orang. 

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS