April 25, 2016

Paket 4G LTE ‘True Unlimited’ Usai, Smartfren Luncurkan Dua Paket Baru yang Tidak Kalah Menarik

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Paket 4G LTE ‘True Unlimited’ Usai, Smartfren Luncurkan Dua Paket Baru yang Tidak Kalah Menarik  

MOBITEKNO – Strategi Smartfren untuk mempromosikan jaringan 4G LTE Advanced di Indonesia dengan menawarkan paket data Internet ‘True Unlimited’ cukup membuahkan hasil.

Sejak promo paket data ‘True Unlimited’ diperkenalkan sejak awal November tahun lalu, Smartfren setidaknya bisa merangkul 100 ribu pelanggan baru yang ingin mencicipi akses tanpa batasan kuota data tersebut. Adapun jumlah total pengguna jaringan Smartfren 4G LTE saat ini telah mencapai 1,4 jiwa.

Sayangnya, kenikmatan pelanggan untuk menonton video di YouTube, social media, bermain game online, atau browsing dengan leluasa dengan kecepatan 4G tampaknya tidak berlangsung lama. Pasalnya, Smartfren sudah menyatakan paket ‘True Unlimited’ akan segera berakhir April 2016 setelah berjalan kurang lebih enam bulan.

Pada beberapa kali kesempatan dengan media, Smarfren sudah menyatakan bahwa paket data 4G LTE ‘True unlimited’ akan digantikan dengan paket lain yang dianggap lebih ‘fair’ bagi semua pihak.

Setelah menerima berbagai feedback dan membaca pola penggunaan paket data 4G LTE ‘True Unlimited’ yang berlangsung beberapa blan ini, akhirnya di Smartfren pun meluncurkan dua opsi paket data baru yang dianggap bisa mengakomodir berakhirnya paket data 4G LTE ‘True unlimited’. Kedua paket baru ini adalah paket bulanan “Smartplan Limitless 75 Ribu” dan “Paket Kuota Super Besar 30 GB” yang berlaku 90 hari (tiga bulan).

Derrick Surya, VP Brand & Marcomm Smartfren, dalam penjelasannya di hadapan media menyatakan, “Kehadiran kedua paket ini ini merupakan jawaban dari banyaknya pertanyaan mengenai program apa yang akan dihadirkan oleh Smartfren ketika masa promo paket unlimited berakhir".

Paket pertama, “Smartplan Limitless 75 Ribu” yang ditawarkan (tentu saja) seharga Rp 75 ribu per bulan menyediakan kuota data sebesar 3 GB (2 GB ditambah bonus 1 GB). Makna ‘Limitless’ dalam paket ini berkaitan dengan penggunaan social chat WhatsApp, LINE, dan BBM, serta browsing yang bisa digunakan pelanggan sepuasnya tanpa kuatir kuota datanya akan habis.

Dengan kata lain, jika kuota data habis, pelanggan masih tetap bisa melakukan browsing dan chatting selama masa aktif paket tersebut (30 hari). Selain itu, Smartfren juga memberikan bonus telepon 1.000 menit ke sesama pengguna Smartfren, termasuk menelpon (voice dan video call) dengan teknologi VoLTE.

“Chatting atau messaging termasuk berkirim foto dan video di WhatsApp, BBM, dan LINE tidak memakan kuota dan tidak terpengaruh oleh penurunan kecepatan (saat kuota habis). Paket Limitless itu less worry more fun” ujar Ari Abdya, GM Prepaid Management Smartfren, berpromosi.

Paket data 4G LTE opsi kedua, “Paket Kuota Super Besar 30 GB”, sesuai namanya ditujukan bagi pengguna yang membutuhkan kuota data besar. Di tawarkan denganharga Rp 300 ribu, paket ini menyediakan kuota data hingga 30 GB dalam jangka waktu 90 hari.
Paket ini sangat cocok bagi pengguna heavy user yang konsumsi datanya di atas rata-rata penggunaan normal pelanggan. Menurut Ari, pengguna ini biasanya akan mengkonsumsi data yang tinggi saat akhir pekan atau liburan dan cenderung normal (lebih sedikit) saat hari-hari kerja.

“Selain bonus 5 GB untuk pembelian perdana paket ini, sehingga total data nya 35 GB, paket data ini bisa digunakan kapan saja tanpa batasan waktu selama 24 jam setiap harinya,” tutur Ari.

Berbeda dengan paket data 4G LTE ‘True unlimited’ yang eksklusif untuk penguna smartphone Andromax, baik paket data “Smartplan Limitless 75 Ribu” dan “Paket Kuota Super Besar 30 GB” juga bisa dinikmati pengguna smartphone seri smartphone 4G merek lainnya (non Andromax) yang beredar di pasaran saat ini. Syaratnya, tentu saja smartphone-nya sudah mendukung frekuensi dan band jaringan 4G Smartfren (B5 FDD LTE 850 MHz dan B40 TDD LTE 2.300 MHz).

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS