May 20, 2016

Google I/O 2016: Unifikasi Dimulai! Chrome OS akan Dukung Android App dan Play Store

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Google I/O 2016: Unifikasi Dimulai! Chrome OS akan Dukung Android App dan Play Store  

MOBITEKNO – Sistem operasi Chrome OS yang populer di dunia pendidikan ini akan mendapat giliran update besar akhir tahun ini. Janji ini disampaikan Google dengan menyatakan bahwa tahun ini pengguna laptop Chromebook dengan Chrome OC akan mendapatkan dukungan Play Store beserta segudang aplikasi Android yang tersedia di dalamnya.

Sejauh ini, jumlah aplikasi Android yang dapat berjalan di Chromebook masih relatif terbatas. Pada Chrome OS terbaru nanti, penguna bukan hanya sekadar mengakses website dari browser Chrome dan menjalankan bberapa aplikasi tertentu, tapi mendapat akses ke lebih dari sejuta aplikasi Android di Google Play Store.

Kabar mengenai rencana Google untuk menghadirkan aplikasi Android di Chrome OS sudah cukup lama terdengar. Bahkan Google pernah mencoba beberapa alternatifnya yang hingga kini dianggap masih kurang efektif. Misalnya, metode App Runtime for Chrome (ARC) dan Native Client yang kurang direspons developer karena masih memerlukan beberapa sentuhan teknis pada aplikasi Android agar bisa berjalan di Chrome OS.

Pada usaha terakhir untuk membuat aplikasi Android kompatiel dengan Chrome OS, Google akan memanfaatkan ‘jasa’ Linux container. Pada metode ini, aplikasi akan bisa dijalankan apps tanpa membutuhkan internvensi lanjutan dari from developer, termasuk kebutuhan akan mesin emulasi khusus. Nantinya, baik Chrome OS dan Android akan menggunakan kernel dan resource yang sama pada mesin Chrome OS.

Google akan melakukan proses bertahap dalam menghadirkan dukungan aplikasi Android dan Play Store pada beberapa model laptop Chromebook.
Alasannya, Google ingin memberikan kesempatan bagi para developer Android untuk menyempurnakan dukungan keyboard pada aplikasinya yang biasanya lebih berfokus pada interaksi layar sentuh.

Setelah implementasi keyboard pada aplikasi Android sudah didukung secara luas, Google baru akan merilisnya Play Store untuk semua model Chromebook. Meski elum ada tanggal pasti kehadiran Play Store di Chrome OS, Google merencanakan akan menyediakan update Play Store bagi para developer melaui Chrome OS dev channel bulan Juni nanti.

 

Tags: , , , , , , , , ,


COMMENTS