November 21, 2016

Empat Chromebook Lagi Dapat Dukungan Bisa Jalankan Aplikasi Android

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Empat Chromebook Lagi Dapat Dukungan Bisa Jalankan Aplikasi Android  

MOBITEKNO – Hingga saat ini Google masih belum mau buka suara mengenai rumor seputar penyatuan dua sistem operasi andalannya, Android OS dan Chronme OS menjadi apa yang disebut sebagai Andromeda.

Dengan hadirnya Andromeda, Google dianggap ingin menghadirkan satu platform bagi pengguna dalam mengakses berbagai layanan Google tanpa memandang perangkat yang digunakannya (device agnostic). Ini berarti, platform Andromeda akan terpasang di laptop, smartphone, tablet, atau smartbox lainnya.

Transisi gradual boleh jadi akan ditempuh Google jika memang kelak benar-benar menghadirkan Andromeda, terutama berkaitan dengan laptop Chromebook yang menggunakan sistem operasi Chrome OS. Sejauh ini, metode yang dipilih Google untuk menjalankan Android app di Chrome OS adalah melalui bantuan teknologi Linux container.

Setelah mengumumkan dukungan aplikasi Android (Android app) di beberapa laptop Chromebook di ajang Google I/O 2016 pada Mei lalu, Google secara perlahan mulai memperluas dukungan Android pada beberapa model Chromebook lainnya.

Awalnya, hanya beberapa Chromebook dari Google, Acer, dan ASUS yang baru mendukung Android app, seperti Google Chromebook Pixel (2015), Asus Chromebook Flip, dan Acer Chromebook R11 (C738T).

Menutup tahun 2016 ini, Google kembali mengumumkan dukungan Android app pada empat chromebook lainnya. Keempat laptop chromebook tersebut antara lain Dell Chromebook 13, HP Chromebook 13, Samsung Chromebook 3, dan ASUS C301SA.

Berdasarkan peta jalan (roadmap) Google, masih banyak Chromebook yang akan mendapat giliran update dukungan Android app tersebut di tahun depan. Selangkapnya bisa disimak di alamat/URL berikut ini.

Tags: , , , ,


COMMENTS