February 16, 2022

Google Tawarkan Chrome OS Flex untuk Remajakan PC Windows dan Mac Lama Menjadi Chromebook

Penulis: Iwan RS
Google Tawarkan Chrome OS Flex untuk Remajakan PC Windows dan Mac Lama Menjadi Chromebook  

Mobitekno – Saat diluncurkan sekitar satu dekade lalu, Chrome OS hanya sebuah sistem operasi (OS) sederhana dengan browser sebagai antarmuka (interface) utama dan beberapa extention tambahan untuk menjalankan berbagai layanan online di Internet. OS ini tidak memiliki desktop, taskbar, dan nyaris tidak menyediakan pengaturan (setting) apa pun. Praktis nanya berupa jendela browser dengan layar penuh (fullscreen).

Satu dekade kemudian, fitur Chrome OS semakin lengkap dengan interface menarik dan intuitif. Evolusi OS berbasis browser ini semakin diminati sehingga menjadikan chromebook menjadi salah satu pilihan praktis bagi pengguna, baik personal, bisnis, atau pendidikan.

Semakin populernya Chrome OS mendorong Google untuk menawarkan ‘varian barunya’ yang disebut Chrome OS Flex. Google mengumumkan Chrome OS Flex untuk uijcoba awal secara terbatas dengan harapan agar pengguna personal dan bisnis tidak hanya mengandalkan Windows sebagai OS saat bekerja.

google chrome os flex 01

Lahir dari akuisisi CloudReady berbasis Chrome OS, Chrome OS Flex dirancang khusus untuk dapat meremajakan PC lama berbasis Windows dan Mac menjadi PC chromebook yang cukup populer digunakan di bisnis UMKM dan pendidikan.

Chrome OS Flex yang ditawarkan Google secara gratis untuk diunduh ini pada dasarnya adalah evolusi dari software pihak ketiga CloudReady yang menggunakan basis kode (chromium code) yang sama dengan versi Chrome OS reguler. Chrome OS Flex juga menyediakan sinkronisasi profil cloud, browser Chrome, Google Assistant, Phone Hub, dan fitur streaming layar ponsel Pixel yang akan datang.

Chrome OS Flex memilki beberapa perbedaan dari Chrome OS, diantaranya dukungan terbatas untuk aplikasi Android, Google Play Store, fitur Parallels Desktop, dan verified boot.

Perlu diingat, hanya perangkat yang disertifikasi oleh Google (lihat disini) yang kompatibel dengan Flex, di sampng persyaratan minimum RAM 4 GB, strage 16 GB, prosesor Intel atau AMD, dan akses administrator ke BIOS.

google chrome os flex 02

Berdasarkan informasi Google, Chrome OS Flex hanya perlu beberapa menit untuk di-install, meski bisa relatif tergantung kecepatan koneksi Internet.

Anda juga dapat mengujinya terlebih dahulu dengan mem-boot-nya via drive USB sebelum memutuskan untuk mengganti OS yang ada sebelumnya di PC (Windows atau Mac). Apabila sebelumnya sudah menggunakan CloudReady, update otomatis ke Chrome OS Flex akan dilakukan saat versi stabil tersedia dalam beberapa bulan mendatang.

Tags: , , , ,


COMMENTS