February 16, 2022

Review Asus ROG Phone 5s Pro, Fitur-fiturnya Bikin Tambah Nyaman untuk Gaming

Penulis: Desmal Andi
Review Asus ROG Phone 5s Pro, Fitur-fiturnya Bikin Tambah Nyaman untuk Gaming  

Mobitekno – Menutup tahun 2021 kemarin, Asus kembali menghadirkan flagship gaming phone mereka, yaitu Asus ROG Phone 5s Pro. Smartphone ini memiliki performa sedikit lebih baik dibandingkan Asus ROG Phone 5 series sebelumnya. Chipset Snapdragon 888 Plus menjadi kekuatan inti dari smartphone ini guna menunjang performa gaming secara keseluruhan. Selain versi pro, di waktu yang bersamaan, Asus juga mengeluarkan Asus ROG Phone 5s.

Kehadiran smartphone untuk gaming ini memang menjadi dambaan para pencinta game di Indonesia. Apalagi sangat jarang brand lain mengeluarkan produk smartphone yang dikhususkan untuk gaming. Tidak heran, biasanya dalam mengeluarkan produk ROG phone, Asus juga tidak lupa menghadirkan berbagai aksesoris gaming lainnya.

Selain chipset Snapdragon 888 plus yang menjadi kekuatan produk ini, Asus ROG Phone 5s Pro juga dibekali berbagai fitur mewah untuk kenyamanan bermain game. Bahkan, fitur khas ROG Phone series, yaitu Armoury Crate tampil semakin bagus dengan dukungan banyak fitur di dalamnya. Mulai dari tweaking, manajemen aksesori, komunitas, hingga manajemen game yang ter-install bisa dilakukan dari sini. Mobitekno mendapatkan pengalaman berssama Asus ROG Phone 5s Pro ini selama kurang lebih dua minggu. Berikut ini ulasannya.

Asus ROG Phone 5s Pro dan kotak kemasannya

Kelengkapan

Berbeda dengan Asus ROG Phone 5s yang memiliki kotak kemasan berbentuk standar, Asus ROG Phone 5s Pro ini memiliki kotak berbentuk segi enam. Bagian tengahnya bisa dibuka untuk melihat apa saja yang ada di dalamnya. Sama seperti varian ROG Phone sebelumya, kotak kemasannya ini juga menyediakan Comic Strip Akira yang animasinya bisa dijalankan melalui fitur Augmented Reality dari Armoury Crate.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini isi dalam kotak kemasannya:

  1. Smartphone Asus ROG Phone 5s Pro berwarna hitam
  2. SIM Card Ejector
  3. Kabel data sekaligus kabel charger premium USB type C
  4. Adapter AC to DC berkemampuan Super fast charging
  5. Karet seal penutup port USB dan konektor aksesori di samping ROG Phone
  6. Hard case
  7. AeroActive Cooler
  8. Buku petunjuk singkat dan kartu garansi.
Kelengkapan Asus ROG Phone 5s Pro

Desain

Hadir dengan ukuran layar 6,78 inci, Asus ROG Phone 5s Pro ini menjadi area bermain game yang sangat nyaman, lega dan lapang. Apalagi layarnya ini menggunakan jenis AMOLED dengan kemampuan refresh rate 144Hz, HDR10+, hires 1080 x 2448 piksel, hingga screen to body ratio sebesar 82 persen. Layarnya ini juga masih dilindungi dengan Corning Gorilla Victus terbaru sehingga lebih aman terhadap goresan. Dengan dimensi 172.8 x 77.3 x 10.3 mm, samrtphone juga memiliki bobot 238gram. Agak sedikit berat, tetapi wajar untuk sebuah smartphone gaming.

Di bagian layar ini tersemat kamera selfie yang pisisinya tidak tepat di tengah-tengah, agak bergeser ke kanan.

Posisi kamera selfie

Beralih ke sisi-sisinya. Di sisi kanan terletak tombol volume dan power yang diberi warna berbeda. Sementara di sisi sebelahnya lagi terdapat port USB dan konektor untuk menghubungkan berbagai aksesoris ROG Phone 5s. Asus ROG Series memang menyajikan dua port USB type C untuk kenyamanan bermain game. Jadi, saat kabel memang sedang terhubung, hal ini tidak akan mengganggu permainan. Sedikit ke bawah terdapat slot dual micro SIM Card yang sudah mendukung 5G.

Sisi bawah terdapat port USB type C. Dimana letak lubang speaker? Asus ROG Phone 5s memiliki fitur speaker ganda dengan 7-magnet simetris untuk menghasilkan suara stereo yang seimbang dengan jack headphone 3.5mm. Ya, di samping port USB Type C, Asus masih menyediakan port audio 3,5mm untuk perangkat audio headset yang masih menggunakan kabel.

Balik lagi ke sisi kanan. Asus menyediakan dua tombol Air Triggers yang tidak terlihat di bodi samping. Asus menyebutnya dengan tombol ultrasonic yang dapat aktif jika menekan bagian atas dan bawah sisi kanan smartphone. Bahkan, dengan Air Triggers ini bisa digunakan untuk mengaktifkan X-Mode dengan lebih cepat. Caranya cukup menekan sisi bawah kiri dan kanan secara bersamaan dengan waktu agak lama. Namun, jika fungsi ini belum aktif, Anda bisa mengaktifkan fitur Long Squeeze dalam setting Air Triggers.

Cara mudah mengaktifkan X-Mode melalui Air Triggers

Bagian bodi belakangnya didesain cukup inovatif. Kamera belakang ditempatkan sejajar horisontal pada kiri atas. Tiga kamera terdiri dari kamera utama 64MP, kamera ultrawide 13MP, dan makro 5MP bisa mendukung pengguna untuk menangkap momen-momen penting. Ada perbedaan mencolok antara ROG Phone 5s dengan ROG Phone 5s Pro ini. Pada versi pro, terdapat area ROG Vision yang bisa menampilkan berbagai animasi berwarna. Animasi ini bisa diatur sebagai indikator pengisi daya, panggilan masuk, X-Mode aktif, atau smartphone dalam mode On. Jadi ROG vision ini juga bisa dijadikan identitas pemilik dengan membuat teks berjalan.

Bodi belakang dengan tiga kamera dan area ROG Vision

Fitur dan Performa

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Salah satu keunggulan smartphone ini adalah penggunaan prosesor Snapdragon 888 Plus yang dibuat dengan fabrikasi 5nm. Prosesor ini memiliki kinerja yang lebih baik dan kencang dari sebelumnya. Ditambah memori 18GB RAM LPDDR5 dan GPU Adreno 660 tentunya performa menjadi sangat gahar. Bisa dikatakan tidak ada lag yang menghambat pengoperasian smartphone ini.

Karena didesain untyk gaming, Asus pun memberikan sistem pendinginan yang khusus, yaitu GameCool 5 pada seri ini. Dari informasi yang diberikan Asus, teknologi ini memiliki struktur termal optimal yang menampilkan CPU terpusat dengan baterai yang terbagi menjadi dua bagian, terletak di setiap sisi CPU. Dengan begitu, panas yang dihasilkan CPU tiransfer ke semua sudut sasis secara bersamaan. Dan, ini membuat efisiensi termal yang lebih baik. Ruang uap 3D yang dibentuk ulang dan lembaran grafit yang luas juga membantu menyebarkan panas secara merata ke seluruh perangkat untuk mengurangi penumpukan panas di tengah.

Sistem pendinginan ini masih ditambah dengan adanya aksesoris AeroActive Cooler 5 yang sudah menjadi aksesoris bawaan ROG Phone 5s Pro ini. Aksesoris ini bisa menurunkan panas CPU hingga 10 derajat celcius.

AeroActive Cooler yang bisamendinginkan CPU sampai 10 derajat celcius

Asus ROG Phone 5s ini menggunakan sistem operasi Android 11 yang dibalut dalam ROG UI. UI ini berjalan begitu halus. ROG UI juga didukung oleh banyak themes menarik, yang bisa didapatkan baik secara gratis maupun berbayar. Tentunya themes yang ada kebanyakan bernuansa karakter-karakter tokoh game.

ROG UI berbasis Android 11

Satu ciri khas Asus ROG Phone adalah Air Triggers. Ini adalah tombol tak kasat mata yang menggunakan sistem ultrasonic. AirTriggers yang kini sudah dalam versi ini memang menawarkan gamers cara berbeda untuk berinteraksi dengan ROG Phone 5s Pro, memberikan tingkat kontrol game lebih baik. Bahkan, di versi 5 ini, Air Triggers menambahkan dua tombol fisik lagi sehingga gamers bisa menggunakannya untuk melakukan aksi-aksi lainnya dengan lebih mudah. Cukup sentuh bagian belakang untuk memicu tombol L2 maupun R2.

Lanjut ke bagian Armoury Crate. Di sinilah pusat game berada. Anda bisa mengatur game-game yang di-install dari sini. Bahkan, proses peningkatan performa hardware bisa dilakukan dari sini. Ada 4 opsi untuk mengatur performa hardware, yaitu X-Mode, Dynamic, Ultra Durable, dan Advanced. Untuk performa terbaik bermain game, tentu saja bisa diposisikan ke X-Mode. Namun, jika Anda ingin men-tweak lebih dalam, bisa menggunakan opsi Advanced. Di sini, pengaturan seperti thermal limit, performa CPU, GPU, hingga RAM bisa diatur sesuai keinginan Anda sendiri. Bahkan, di sini Anda juga bisa mengaktifkan Hyperfusion untuk koneksi internet yang lebih stabil saat smartphone digunakan bermain game.

Fitur-fitur dalam Armoury Crate

Masih di Armpury Crate, jika router memiliki fungsi dual band, fungsi Dual Band Wi-Fi pun juga bisa diaktifkan. Sistem akan mencari band mana yang paling stabil. Dengan begitu, permainan game pun menjadi semakin mulus. Ada banyak pengaturan untuk kondisi bermain game, mulai refresh rate, sensitivitas penekanan tombol, hingga sinkronisasi di background. Semuanya bertujuan agar gamers bisa bermain dengan lebih nyaman. Di sini Anda juga bisa bergabungd engan ROG Community. Dengan begitu, info-info menarik seputar gaming bisa didapatkan.

Beralih ke bagian foto dan video. Walaupun ditujukan untuk gaming, tetapi Asus tetap memikirkan sisi fotografi dan videografi. Tiga kamera diletakkan di bagian belakang. Sementara satu kamera selfie berkemampuan 24MP ada di layar depan. Mode kamera pun juga cukup banyak. Bahkan, Asus memberikan fungsi Motion tracking. Ini membuat proses perekaman video terhadap subjek orang, bisa dikunci. Sehingga walaupun subjek bergerak, fokus pada wajah tetap berjalan.

ROG Vision, bisa di-custom sesuai keinginan Anda

Terakhir, Asus memberikan baterai yang begitu besar, yaiu 6.000mAh. Menariknya, baterai ini didukung oleh fast charging 65W, sehingga pengisian 70 persen bisa dilakukan 30 menit saja dan pengisian penuh bisa dilakukan 50-an menit saja. Baterainya ini juga mendukung teknologi Reverse Charging 1-W, Power Delivery 3.0, dan Wuick Charge 5.

Mode dan fitur kamera

Berikut ini hasil pengujian benchmark Asus ROG Phone 5s Pro:

Berikut hasil foto-foto dari kamera Asus ROG Phone 5s Pro:

Spesifikasi

Perangkat Asus ROG Phone 5s Pro
Dimensi dan berat 172.8 x 77.3 x 9.9 mm dan 238gram
Layar 6,78 inci AMOLED, HDR10+, 1080 x 2448 piksel, Corning Gorilla Victus
Chipset Qualcomm Snapdragon 888 Plus (5nm)
GPU Adreno 660
Sistem operasi ROG UI berbasis Android 11
Kamera utama 64MP wide (utama), 13MP ultrawide, 5MP makro
Kamera Selfie 24MP
Baterai 6.000mAh Fast Charging 65W
Warna Phantom Black dan Storm White
Harga Rp 18.999.000

Kesimpulan

Dalam dunia smartphone, Asus memang kini mengandalkan ROG Phone Series. Jadi, smartphone ini benar-benar dikembangkan serius setiap saat. Berbagai peningkatan fungsi dijejalkan ke setiap seri baru ROG Phone, termasuk ROG Phone 5s ini. Tujuannya tidak lain adalah menambah kreativitas dalam bermain game untuk seluruh gamers di dunia. Hal ini karena Asus memberikan fungsi kontrol terhadap gaming yang begitu banyak dan fleksibel.

Asus ROG Phone 5s Pro dengan kombinasi chipset teratas, memori besar, dan GPU kencang, mampu memberikan performa sangat maksimal. Bermain game-game apapun menjadi begitu lancar. Pengaturan untuk game-game ini pun bisa dilakukan dengan mudah di aplikasi Armoury Crate. Bahkan, saat bermain pun, gamers seperti bermain dengan dukungan game pad pada kebanyakan konsol. Apalagi suaranya juga bukan asal menggelegar saja. Dukungan speaker ganda dengan 7-magnet simetris untuk menghasilkan suara stereo yang seimbang.

Bermain game dengan kelengkapan standar bawaan paketnya saja sudah cukup nyaman dan menyenangkan. Padahal Asus memiliki beragam aksesoris lain, yang dibuat khusus untuk ROG Phone Series. Jadi, ROG Phone 5s Pro ini menjadi smartphone gaming paling ideal untuk diajak bermain game-game terbaik saat ini.

Tags: , , , ,


COMMENTS