March 22, 2022

Makin Nyaman untuk Gaming, Chrome OS Kini Dukung Tampilan Variable Refresh Rate

Penulis: Iwan RS
Makin Nyaman untuk Gaming, Chrome OS Kini Dukung Tampilan Variable Refresh Rate  

Mobitekno – Raksasa teknologi yang berbasis di Amerika Serikat, Google, dilaporkan sedang menyiapkan dukungannya terhadap fitur variable refresh rate (VRR) display di sistem operasi berbasis Linux rancangannya, Chrome OS.

Seperti diungkap oleh About Chromebooks, fitur VRR display ini akan disertakan pada Dev Chrome OS 101 Channel. Seperti diketahui, pengguna Chrome OS dapat menguji fitur terbaru dengan berganti di antara tiga opsi software channel, antara lain Stable channel, Beta channel, dan Dev channel.

Fitur VRR memungkinkan suatu perangkat mengubah refresh rate di layar monitor agar sesuai dengan refresh rate dari aplikasi/game sehingga mencegah terjadinya efek terlambat (lag) pada tampilan. Fitur VRR pada Chrome OS ini diharpakan menambah experience bagi pengunanya saat bermain game atau aplikasi lainnya.

Sebelumnya Google juga menjanjikan akan mendukung platform game Steam pada Chrome OS. Fokus Google untuk menambah fitur baru VRR untuk menjalankan game atau aplikasi yang membutuhkan tampilan dinamis ini semakin menguatkan anggapan bahwa Google ingin mendesain Chrome OS lebih ramah gaming dan multimedia. Dengan kata lain, Google diduga sedang merencakan kehadiran Chromebook gaming.

Dukungan terbaru pada Chrome OS ini merupakan kelanjutan dari pengumuman Google yang mulai membuka program early access untuk Chrome OS Flex yang memungkinkan OS tersebut bisa di-install pada beragam komputer, termasuk yang berbasis Windows atau Mac.

Chrome OS versi terbaru ini dirancang Google untuk segmen bisnis dan pendidikan, serta proses instalasi diklaim sangat mudah dan singkat alias hanya dalam hitungan menit.

Perangkat komputer yang menjalankan Chrome OS Flex juga akan mengusung mekanisme setup dan lisensi yang sama dengan Chromebook Enterprise dan Education. Seperti diketahui Chrome OS Flex pada dasarnya adalah versi enhanced CloudReady dari NeverWare yang diakuisisi Google pada tahun 2020 lalu.

Tags: , , , ,


COMMENTS