October 17, 2016

Samsung Chromebook Pro: Inikah Kandidat Chromebook Convertible Terbaik Tahun Ini?

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Samsung Chromebook Pro: Inikah Kandidat Chromebook Convertible Terbaik Tahun Ini?  

MOBITEKNO – Samsung bukan hanya dikenal sebagai produsen smartphone. Raksasa elektronik asal Korea Selatan ini juga diketahu telah cukup lama membuat notebook. Salah satu notebook terbaru yang tidak banyak digembar-gemborkan baru saja masuk dalam daftar produk di website Samsung.

Notebook tersebut adalah Chromebook Pro yang mengusung sistem operasi Chrome OS. Popularitas chromebook yang terus meningkat menarik minat banyak produsen PC/notebook yang selama ini membuat notebook Windows. Terlebih setelah Google mengumumkan dukungan sejutaan aplikasi Android (di Play Store) yang kompatibel (bisa dijalankan) dengan platform Chrome OS.

Samsung bukanlah pemain baru di laptop/notebook Chromebook. Bersama Acer, Samsung adalah produsen Chromebook pertama yang digandeng Google saat memperkenalkan platform Chrome OS di notebook enam tahun lalu.

""

Berbeda dengan chromebook umumnya, Chromebook Pro berlayar sentuh 12,3 inci (2400 x 1600 pixel, aspect ratio 3:2) ini menyertakan stylus khusus, dinamakan ‘PEN’, layaknya phablet Galaxy Note. Adanya digital pen untuk menulis atau menggambar di layar menjadikan Chromebook Pro menjadi satu-satunya chromebook yang menyediakan fitur tersebut.

Tren notebook convertible juga diamini Samsung dengan melengkapi Chromebook Pro dengan sistem engsel (hinge) layar yang dapat diputar hingga 360 derajat. Kemampuan layar yang dapat diputar 360 derajat ini bermanfaat bagi Anda yang mengoperasikan notebook dalam mode tablet untuk berbagai macam aktivitas (membaca e-book, menonton video, menggambar, dan lain-lain).

Chromebook Pro yang relatif rigan (1.08 kg) dan ramping (tebal 13,9 mm) ini diklaim Samsung bisa digunakan selama 10 jam untuk penggunaan normal (tergantung aplikasi). Baterainya yang relatif awet ini boleh jadi karena Samsung memilih prosesor hexa-core Rockchip 2.0 GHz yang berbasis ARM (2 core Cortex-A72 dan 4 core Cortex-A53) yang dikenal lebih efisien dibandingkan prosesor Intel.

Selain prosesor prosesor hexa-core Rockchip, Chromebook Pro telah dilengkapi RAM 4 GB, internal storage 32 GB, dua port USB Type-C, satu slot SD card, dan satu jack audio/headphone 3,5 mm. Selain beberapa aplikasi native untuk Chrome OS, pengguna Chromebook Pro juga sudah dapat meng-install aplikasi Android melalui Play Store yang tersedia.

Samsung rencananya akan membanderol Chromebook Pro seharga US$ 499. Sayangnya, seperti juga chromebook yang ditawarkan produsen lainnya (Lenovo, HP, Acer, Dell, Toshiba, Asus), ketersediaannya secara luas di berbagai pasar dunia masih perlu ditunggu lebih lanjut.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS