January 20, 2016

Diperkuat Prosesor Intel Skylake, Dell Hadirkan Lini Lengkap Laptop dan Desktop Baru di Indonesia

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Diperkuat Prosesor Intel Skylake, Dell Hadirkan Lini Lengkap Laptop dan Desktop Baru di Indonesia  

MOBITEKNO – Smartphone dan tablet boleh-boleh saja membanjiri pasar konsumen. Maraknya personal mobile device tersebut secara tidak langsung juga membawa dampak pada pertumbuhan pasar PC dan laptop dari tahun ke tahun hingga cenderung stagnan.

Namun, tren ini tidak menyurutkan Dell untuk terus berinovasi dengan berbagai produknya, seperti laptop, notebook, all-in-one PC, desktop hingga mobile workstation. Dell dan Intel sebagai mitra utamanya, sangat yakin bahwa produk mereka tersebut akan terus dibutuhkan keberadaannya, baik di pasar consumer maupun komersial (bisnis).

Sebagai bukti keseriusannya untuk terus menghadirkan produk laptop dan desktop dalam beragam kategori yang sarat inovasi, Dell meluncurkan 13 produk terbarunya dengan prosesor Intel Core generasi ke-6 dan sistem operasi Windows 10 di Jakarta, Rabu ini (20/1/2015).

Semua produk yang mulai hadir di pasaran Februari 2016 ini datang dari Inspiron series (laptop dan desktop), laptop XPS 13 dan 15, laptop Vostro 5000 series, laptop Latitude series, mobile workstation Precision series, dan PC bisnis OptiPlex series.

Harga termurah datang dari laptop Inspiron 11 3000 series (mulai dari Rp 3,359 juta) hingga yang termahal, yaitu mobile workstation laptop Precision 5000 series dengan opsi prosesor Xeon (mulai dari Rp 40 juta).

Catherine Lian, Country Manager Dell Indonesia mengatakan, “tahun 2015 begitu luar biasa bagi Dell. Kini, kami bangga bisa menghadirkan rangkaian inovasi produk yang menawan pada hari ini”.

"Investasi signifikan telah dilakukan Dell di lini bisnis ini sehingga dapat menghadirkan inovasi terbaru dan desain cantik yang memperbaharui peran PC, baik seri 2-in-1 yang sangat mobile, laptop, maupun desktop," tambah Catherine.

Diperkenalkannya lini terbaru produk Dell ini juga dilatarbelakangi oleh penyegaran prosesor yang mengusung arsitektur baru Skylake yang diumumkan Intel secara resmi bulan Desember lalu di Jakarta (8/12/2015).

Berbeda dengan prosesor Intel Core generasi ke-5 sebelumnya (Broadwell) yang lebih difokuskan untuk produk laptop/mobile, prosesor Intel Core generasi ke-6 (6th Gen) Skylake akan merata dipakai pada berbagai kategori produk, mulai dari laptop, notebook, all-in-one PC, desktop, hingga mobile workstation.

Yohan Wijaya, MNC Sales Director, Intel Indonesia, pada kesempatan yang sama mengatakan, “Prosesor intel Core generasi ke-6 memiliki banyak pembaruan komputasi yang sangat signifikan dibanding sebelumnya, karena mendukung perusahaan untuk menciptakan desain tipis dan ringan, dandilengkapi performa grafis yang lebih baik.”

Dari 13 produk yang diperkenalkan PT Dell Indonesia pada hari ini, terdapat beberapa produk yang terlihat sangat dibanggakan Dell, yaitu laptop seri XPS 13 dan XPS 15. Sebelumnya, generasi pertama seri XPS 13 (tentu saja berlayar 13 inci) yang hadir tahun lalu telah banyak mendapat pujian dari berbagai pihak.

Kini, generasi kedua XPS 13 hadir dengan spesifikasi lebih canggih, seperti prosesor Intel Core Skylake terbaru, interface Thunderbolt 3.0 (8 kali lebih cepat dari USB 3.0), storage SSD NVME PCIe 1 TB, dan RAM 16 GB.

Hal yang menonjol dari laptop XPS 13 ini adalah ukurannya yang kecil dan tipis, serta layarnya yang terlihat menarik dan unik. Ini semua berkat layar Full-HD (resolusi 1920 x 1080 pixel), disebut Infinity Edge, yang nyaris tanpa bezel (bagian pinggir layar).

Layar Infinity Full-HD Edge dengan bezel super tipis ini juga ditemui pada XPS 15 (layar 15 inci). Khusus XPS 15, Dell juga menyediakan opsi layar Infinity Edge UltraSharp UltraHD dengan resolusi 4K (3840 x 2160 pixel) yang lebih tinggi. Dell XPS 15 juga diperkuat telah GPU yang lebih bertenagar, yaitu Nvidia GeForece GTX 960M (GDDR5 2 GB).

Menurut pengakuan Ray Wah, VP Consumer Product Marketing, Dell Inc, bagi XPS 13 dan XPS 15 dapat diandalkan bagi pengguna yang seharian bekerja secara mobile di berbagai lokasi. Baik XPS 13 dan XPS 15 memiliki daya tahan baterai, berturut-turut 18 jam 14 menit dan 17 jam (berdasarkan pengujian software benchmark BrowsingBench).

Tertarik membeli salah satu dari kedua laptop premium andalan Dell di tahun 2016 ini? Siap-siap merogoh kantong lebih dalam, karena XPS 13 dan XPS 15 akan dijual berturut-turut mulai dari harga Rp 21.289.000 dan Rp 28.499.000.

 

Tags: , , , , , , , , , , , ,


COMMENTS