October 10, 2016

Toyota, BMW, dan Allianz Lakukan Investasi di Perusahaan Startup untuk AI

Penulis: Desmal Andi
Toyota, BMW, dan Allianz Lakukan Investasi di Perusahaan Startup untuk AI  

MOBITEKNO –  Kedua perusahaan otomotif besar bersama satu perusahaan asuransi dikabarkan telah menanamkan investasi pada Nauto, perusahaan startup asal Sillicon Valley untuk mengembangkan teknologi Artificial Intelligence. Teknologi ini nantinya akam diintegrasikan untuk mobil-mobil otomom.

Nauto sendiri telah mengembangkan algoritma kecerdasan buatan yang bekerja berdasarkan feedback dari berbagai hal. Teknologi buatan Nauto ini ditanamkan pada sebuah hardware berharga US$ 400 yang diletakkan pada kaca spion tengah. Perangkat ini akan terhubung ke berbagai kamera dan sensor yang ada di mobil. Data akan diolah dengan sistem komputer yang sudah tertanam di dalamnya.

Perangkat ini akan mendeteksi juga kebiasaan pengemudi dalam mengemudikan kendaraannya. Gangguan-gangguan seperti menerima telpon atau SMS juga akan dipelajari. Mungkin inilah yang membuat sebuah perusahaan asuransi tertarik untuk ikut di dalamnya.

“Para investor bisa mendapatkan wawasan yang banyak tentang teknologi AI ini, tetapi tidak eksklusif. Mereka masih bisa mengembangkan lebih lanjut di atas data yang ada di perangkat Nauto,” ujar Stefan Heck, CEO Nauto seperti diinformasikan Reuters.

Nauto berharap bahwa sistem yang dikembangkannya ini dapat diintegrasikan ke dalam mobil produksi yang akan datang. Namun, tidak tertutup kemungkinan teknologi ini dipasangkan pada mobil-mobil yang sudah ada saat ini.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS