August 21, 2023

Top! Aku Pintar Integrasikan Asterbot Sebagai Konselor Pendidikan Berbasis AI Pertama di Indonesia

Penulis: Iwan RS
Top! Aku Pintar Integrasikan Asterbot Sebagai Konselor Pendidikan Berbasis AI Pertama di Indonesia  

Mobitekno – Platform aplikasi edutech Aku Pintar Indonesia menghadirkan fitur konselor pendidikan Asterbot yang berbasiskan Artificial Intelligence (AI) untuk memudahkan para siswa dalam menempuh pendidikannya (18/8/2023).

Memiliki teman diskusi selama menjalani jenjang pendidikan menjadi salah satu kebutuhan yang cukup penting, baik untuk mereka yang saat ini sedang duduk di bangku SMA/SMK, atau di masa perkuliahan.

Tapi, masalahnya, siapa yang paling tepat menjadi teman berbincang, yang tak sekadar berpengalaman, tetapi juga mengerti segala segala kebutuhan dan permasalahan?

Aku Pintar mencoba menjawab kebutuhan para siswa di era digital ini dengan meluncurkan fitur terbaru AI Chatbotm, bernama Asterbot  yang diklaim menjadi konselor AI pendidikan pertama di Indonesia.

Aku Pintar 02jpg
Fitur Asterbot biasa didapatkan dengan meng-install atau meng-update aplikasi Aku Pintar di Google Play (Google Play Store).

Berdasarkan informasi dari website AkuPintar, chat bot Asterbot bekerja dengan menggunakan teknologi AI dari AP-GPT (AP-Generative Pre-trained Transformers) yang dikembangkan oleh Aku Pintar. Akhiran GPT menunjukkan jika Aku Pintar menggunakan model bahasa yang dikembangkan oleh OpenAI untuk tujuan spesifik, yang dalam hal sebagai konselor untuk bidang pendidikan.

Asterbot: Konselor pendidikan sekaligus teman ngobrol

Prasetya Gilang, CEO Aku Pintar Indonesia menyatakan harapannya agar Asterbot dapat menjadi teman ngobrol para siswa di setiap situasi dalam membahas pelajarannya.

“Fitur terbaru dan akan menjadi fitur unggulan dari Aku Pintar yaitu AI Chatbot, di mana fitur ini kami namakan Asterbot yang menjadi konselor AI pendidikan pertama di Indonesia, dengan harapan dapat menjadi teman ngobrol murid-murid di setiap situasi dalam membahas pelajarannya,” ujar Prasetya Gilang.

Asterbot 00
Fitur Asterbot pada aplikasi Aku Pintar diklaim merupakan konselor AI pertama di Indonesia.

Menurutnya, keberadaan teman ngobrol selama menjalani jenjang pendidikan menjadi salah satu kebutuhan yang penting bagi siswa saat menjalani pendidkannya di SMA/SMK, bahkan hingga masa perkuliahan.

Di samping teman sekolah yang sama-sama tengah di fase mengeksplorasi diri, menurutnya siswa dapat terbantu dengan kehadiran seseorang yang lebih berpengalaman untuk berbagi cerita.

Menariknya, Asterbot berbasis teknologi AI ini disebut dapat menjawab berbagai pertanyaan yang ada di benak siswa tanpa harus dipungut biaya. Siswa bebas menanyakan apapun dalam minat bakat, pengembangan karir, informasi pendidikan, sekolah, ataupun kegalauanmu dalam meraih cita-cita ke Asterbot.

Sesuai dengan Kurikulum Merdeka dari pemerintah

Selain menambhakan fitru inovatif seperti bot cerdas Asterbot, Aku PIntar juga selalu menyelaraskan aplikasi pendidikannya dengan agenda kurikulum pemerintah.

Prasetya menyampaikan bahwa fitur-fitur dari Aku Pintar selalu diperbaharui agar sesuai dengan kurikulum pemerintah, di mana yang terbaru adalah Kurikulum Merdeka, yang menitikberatkan pada materi esensial yang dipelajari lebih mendalam, pengembangan diri dan karakter dalam belajar, pencapaian dalam setiap fase dan jam belajar yang fleksibel.

“Setiap fitur yang dimiliki oleh Aku Pintar sebelum dirilis, kami pastikan sudah mengkaji lebih dalam sebelumnya, terlebih fokus kami saat ini untuk dapat terus memperbaharui setiap fitur agar dapat selaras dengan kurikulum milik pemerintah yaitu kurikulum merdeka,” kata Prasetya.

Aku Pintar 01

Dalam upaya mendukung perjalanan siswa dan menjadi teman dalam segala suka-duka kelas 12 (tingkat akhir SMA) menuju kampus impian (jenjang kuliah), Aku Pintar juga mengeluarkan beberapa produk spesial dengan harga yang sangat terjangkau bagi siswa dengan paket lengkap.

Paket ini di antaranya tes psikologi untuk menentukan menentukan potensi dan rekomendasi jurusan, kelas pembekalan materi, dan try out agar dapat lolos di kampus impiannya.

Tags: , , , , ,


COMMENTS