August 20, 2023

Kemkominfo Bersama Smartfren dan Lynk Uji Coba Satellite Mobile Solution di Wilayah Terluar Indonesia

Penulis: Rizki R
Kemkominfo Bersama Smartfren dan Lynk Uji Coba Satellite Mobile Solution di Wilayah Terluar Indonesia  

Mobitekno – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Smartfren dan Lynk Global telah mengambil langkah inovatif dengan melakukan uji coba teknologi Satellite Mobile Solution di Tumpeng Menoreh, Kulon Progo, Yogyakarta. Teknologi yang diuji ini memiliki potensi besar untuk membawa perubahan positif dalam sektor telekomunikasi di Indonesia.

Dalam uji coba ini, teknologi satelit digunakan untuk membuka akses telekomunikasi di wilayah terluar Indonesia, memfasilitasi komunikasi dalam situasi darurat bencana, serta menjadi medium untuk mengendalikan perangkat Internet of Things (IoT) dari jarak jauh.

Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachys, menyampaikan, “Teknologi satelit membuka pintu layanan telekomunikasi dan internet tidak hanya bagi masyarakat di kota-kota besar, tetapi juga bagi mereka yang berada di wilayah terdepan Indonesia.”

Dengan adanya konektivitas ini, wilayah-wilayah terpencil juga akan menikmati layanan telekomunikasi terbaik dari Smartfren. Ini bukan hanya tentang akses komunikasi, tetapi juga membuka peluang baru dan mempercepat adopsi digitalisasi di seluruh negeri.

Adapun Tumpeng Menoreh yang dipilih sebagai lokasi uji coba karena faktor interferensi sinyal yang rendah, membuatnya menjadi tempat yang ideal. BTS Angkasa milik Lynk yang beroperasi di Low Earth Orbit (LEO) menangkap sinyal telekomunikasi dari titik uji coba dan memancarkannya kembali.

Lynk

Uji coba mencakup berbagai aspek komunikasi dasar, termasuk registrasi perangkat genggam ke satelit, pengiriman dan penerimaan SMS, serta komunikasi suara dua arah.

Langkah Inovatif Kominfo, Smartfren, dan Lynk Global di Bidang Telekomunikasi

Uji coba ini telah membuktikan bahwa teknologi ini memiliki potensi untuk mengatasi kendala akses telekomunikasi di wilayah terpencil.

James Alderdice, VP Asia Pacific Lynk Global, menyatakan, “Demonstrasi layanan Lynk di luar Yogyakarta menggambarkan jalur jangkauan seluler yang dapat mencapai setiap sudut Indonesia yang luas dan terbagi pulau.” Melalui kerja sama dengan Smartfren, Lynk Global berkomitmen untuk memperbaiki kualitas hidup masyarakat Indonesia dengan layanan seluler yang dapat diakses di mana saja.

Lynk

Uji coba yang dilakukan oleh Kominfo, Smartfren, dan Lynk Global merupakan langkah pertama dalam menghadirkan solusi telekomunikasi baru yang inovatif dan inklusif. Seluruh tahap uji coba telah sukses dilakukan, dan sekarang tim sedang melakukan evaluasi lebih lanjut untuk penerapan teknologi ini di wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal di Indonesia.

Dengan teknologi Satellite Mobile Solution, Indonesia bergerak maju menuju masa depan yang lebih terhubung dan lebih siap dalam menghadapi tantangan komunikasi di era digital.

Tags: , , , ,


COMMENTS