September 8, 2016

Ini Istimewanya Chip A10 dan Kamera Premium dari iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Ini Istimewanya Chip A10 dan Kamera Premium dari iPhone 7 dan iPhone 7 Plus  

MOBITEKNO – Saat iPhone 6s dan iPhone 6s Plus diluncurkan Apple tahun lalu, para fansnya sudah mereke-reka kecangihan yang dibawa penerusnya, iPhone 7, nanti. Kemarin (7/9/2016), Apple secara resmi sudah membuka tabir dua smartphone terbarunya tersebut, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

Apabila Anda telah melihat atau menggunakan langsung iPhone 6s atau iPhone 6s Plus, Anda tentu akan melihat kemiripan desain iPhone 7 dan iPhone 7 Plus dengan iPhone sebelumnya. Strategi untuk tidak merubah desain iPhone secara radikal tampaknya masih diyakini tetap ampuh bagi perusahaan yang bermarkas di Cupertino, California, AS tersebut.

Meski desain iPhone 7 dan iPhone 7 Plus tidak banyak berubah, misalnya lengkungan di keempat sudutnya, Apple akhirya mau berkompromi dengan kritik dari fansnya untuk menghilangkan garis antena yang diperkenalkan sejak merilis iPhone 6 pada 2014.

Untuk pilihan warna, selain pilihan warna Gold, Silver, Black dan Rose Gold, Apple juga membawa ‘anggota keluarga’ baru yaitu iPhone berwarna Jet Black. Berbeda dengan warna sebelumnya dengan sentuhan metal berwarna lembut, warna hitam iPhone Jet Black terlihat lebih berkilau (glossy design).

Dapur pacu baru iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang diunggulkan Apple kali ini adalah prosesor A10 Fusion yang 40% lebih cepat dari A9. A10 adalah chip quad-core 64 bit yang terdiri dari dua high-performance core dan dua high-efficiency core. Modul GPU (6 core) baru juga lebih cepat 50% dari GPU pada A9.

Efisiensi kerja chip A10 ini bahkan dikatakan Phil Schiller, Senior VP Marketing Apple sangat berperan menjadikan kedua smartphone terbaru mereka menjadi iPhone dengan daya tahan baterai paling lama selama ini.

Baik iPhone 7 (layar 4,7 inci, 750 x 1334 pixel), dan iPhone 7 Plus (layar 5.5 inci, 1080 x 1920 pixel) sama-sama menggunakan layar LED-backlit IPS LCD dengan proteksi layar berteknologi ‘Ion Strengthened Glass’ yang dikaim lebih kuat dari proteksi Gorilla Glass.

Seperti kebanyakan smartphone terbaru saat ini, kemampuan kamera menjadi salah satu fokus Apple. Meski iPhone 7 masih mengikuti ‘aliran’ satu kamera (single camera), Apple telah menyematkan fitur optical image stabilization yang lebih baik padanya.

Di samping sensor 12 MP yang lebih cepat, lensa aperture f/1.8, dan 6 elemen lensa, iPhone juga juga didukung empat LED flash atau quad-LED fash yang disebut True Tone flash. Khusus kamera depan (selfie), iPhone sudah mengusung sensor 7 MP (FaceTime HD) dengan dukungan auto image stablization.

Perubahan siginifikan pada kamera dihadirkan iPhone 7 Plus yang datang dengan dual kamera di bagian belakang (kamera utama). Kedua kamera dengan sensor 12 MP ini punya fungsi berbeda, masing-masing untuk dalam menangkap obyek wide-angle dan obyek jauh (telephoto).

Pengguna bisa memilih fungsi optical zoom 2x atau mendongkraknya dengan software untuk melakukan zoom hingga 10x. Fungsi dual kamera ini juga bermanfaat untuk mengatur setting DOF (depth of field) pada foto sehingga pengguna bisa menerapkan efek foto bokeh yang memukau layaknya memotret dengan kamera DSLR. Sayangnya, fitur ini baru tersedia di iPhone 7 Plus pada software update berikutnya.

Kedua iPhone kini memiliki ‘Home button’ yang tidak lagi tombol fisik (physical switch) tapi sudah menyertakan kemampuan haptic feedback berkat adanya Taptic Engine internal (mirip dengan konsep Force Touch). Peralihan ini berdampak positif agar iPhone menjadi lebih tahan air dan debu alias mendukung standar IP 67 (water & dust resistant).

Perubahan signifikan yang sebelumnya menimbulkan pro dan kontra akhirnya benar-benar dilakukan Apple. Kedua iPhone terbaru kini tidak lagi menyertakan headphone/audio jack 3.5mm yang sudah ada sejak iPhone generasi pertama.

Sebagai gantinya, Apple mengirimkan sinyal audio ke port satu-satunya di iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, yakni Lightning port. Oleh karena itu, pada paket produknya, Apple telah menyertakan Lightning EarPods yang diklaim menwarkan kualitas audio yang lebih baik. Paket paket juga disertakan adapter Lighting port headphone/audio jack bagi pengguna yang masih ingin memakai headphone/earphone lama.

Apple juga memperkenalkan produk Air Pods (tidak dalam paket) seharga US$ 159 sebagai earphone wireless. Air Pods dengan chip W1 telah mendukung sensor infrared dan motion accelerometers untuk mengaktifkan Siri via microphone. Paket Air Pods juga menyediakan charging dock case yang kapasitas charging hingga 25 jam. Air Pods sendiri bisa digunakan selama 5 jam.

Seperti kabar sebelumnya, iPhone tidak lagi menyertakan model dengan kapasitas storage 16 GB dan 64 GB. Baik iPhone 7 (mulai harga US$ 649) dan iPhone 7 Plus (mulai harga US$ 769) tersedia dalam model 32GB, 128GB, dan 256GB. Apple juga mengumumkan model iPhone 6S dan 6S Plus dengan opsi kapasitas baru,, yaitu model 32 GB dan 128 GB.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS