August 30, 2016

iPhone 7 akan Dirilis Apple Tanggal 7 September. Masihkah Menarik?

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
iPhone 7 akan Dirilis Apple Tanggal 7 September. Masihkah Menarik?  

MOBITEKNO – Apple seminggu lagi akan meluncurkan dua iPhone terbarunya yang mungkin akan dinamakan sebagai iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Tanggalnya pun sudah ditetapkan Apple setelah beberapa minggu ini diisi dengan berbagai bocoran foto, fitur, dan desainnya yang minimalis.

Perusahaan yang bermarkas di Cupertino, California, AS ini juga telah menentukan tanggal 7 September 2016 sebagai jadwal pelucuran dan Bill Graham Civic Auditorium di San Francisco sebagai lokasi peluncurannya. Kita bisa mengasumsikan bahwa pemilihan tanggalnya berkaitan pula dengan nama produknya, yaitu iPhone 7/7 Plus.

Generasi terbaru iPhone iPhone 7, seperti iterasi tahun lalu, akan hadir dalam dua varian, yaitu model dengan layar berukuran 4,7 inci dan 5,5 inci. Apabila Apple mengikuti ritual ‘desain baru di tahun genap’ yang dilakukannya sejak merilis iPhone 4 (tahun 2010), maka iPhone 7/7 Plus akan hadir dengan penyegaran desain.

Meski biasanya akan ada unsur kejutan saat diumumkan di acara nanti, beberapa informasi seputar iPhone 7/7 Plus yang sudah berbedar antara lain absennya headphone jack. Alasan ‘dibuangnya’ port audio analog ini diperkirakan agar bodi iPhone menjadi lebih ramping dengan iming-iming sistem audio baru dengan kualitas lebih tinggi (dari lightning port) atau kepraktisan sistem wireless audio (via bluetooth). Dua ‘guratan’ antena yang terlihat di bodi sisi belakang iPhone kini tidak lagi menonjol karena dipososikan segaris dengan lekuk bodi atas dan bawah.

Selentingan terdengar Apple bahkan mempertimbangkan untuk tidak lagi menyertakan tombol ‘Home’ bulat yang sudah hadir sejak generasi pertama iPhone di tahun 2007. Alasannya berkaitan dengan obsesi Apple yang selalu ingin membuat desain iPhone yang lebih ramping dan minimalis dari tahun ke tahun.

Apple dikabarkan juga akan menyertakan kamera utama (belakang) berjenis dua-lens camera, prosesor lebih cepat, dan kapasitas RAM yang lebih besar. Perubahan yang mungkin melegakan banyak penguna iPhone adalah internal storage iPhone 7/7 Plus terkecil dimulai dari kapasitas 32 GB (bukannya 16 GB).

Kualitas layar iPhones tidak luput dari perubahan dengan kabar akan digunakannya true-tone display seperti pada tabletnya iPad Pro dan berpaling ke panel layar dengan teknologi OLED (sebelumnya IPS). Bagaimana kepastiannya, kita tunggu saja presentasi Tim Cook, bos Apple, minggu depan.

 

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS