May 8, 2016

Menebak Chip Intel yang Disematkan ASUS pada ZenFone 3

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Menebak Chip Intel yang Disematkan ASUS pada ZenFone 3  

MOBITEKNO – Ada hal menarik dari selebaran (banner) ASUS yang dipublikasikan belum lama untuk mengajak pengunjung menyaksikan acara yang dinamakan “Zenvolution” (baca: ASUS Bakal Perkenalkan ZenFone 3 Sebelum Hadir di Computex 2016).

Pada acara yang berlangsung sehari sebelum digelarnya perhelatan Computex 2016 di Taiwan ini, ASUS menggandeng mitra dekatnya, Intel, seperti yang terlihat pada selebaran “Zenvolution” tersebut. Revolusi atau evolusi apa yang akan dilakukan ASUS dengan memperkenalkan produk terbarunya di Computex 2016 bersama Intel?

Kedekatan ASUS dan Intel mungkin baru diketahui dari berbagai produk yang tampil di Computex 2016, mulai dari jajaran tablet ZenPad, laptop ZenBook, smartwatch ZenWatch, atau bahkan headset VR bernama ZenVR. Namun, masih ada satu produk ASUS yang juga perlu ditunggu kehadirannnya smartphone terbaru Zenfone 3.

ZenFone merupakan smartphone ASUS yang cukup sukses di pasar Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Harga terjangkau dengan spesifikasi mumpuni membuat smartphone ZenFone 2 dan variannya diminati konsumen Indonesia. Kalau boleh dikatakan, pamor ZenFone 2 bahkan tidak kalah dengan smartphone Xiaomi Mi dan Redmi yang laris manis di Tanah Air.

Salah satu daya tarik ZenFone 2 terletak pada chip Intel Atom yang digunakan di dalamnya. ASUS merupakan produsen smartphone tersukses yang diajak Intel untuk menggunakan chip buatannya. Produsen di luar ASUS, karena berbagai faktor tidak ada yang serius atau berminat memakai chip Intel. Mereka pada umumnya lebih memilih chip Qualcomm atau chip berbasis ARM lainnya.

Setidaknya ada tida jenis chip (SoC) yang disematkan ASUS pada seri Zenfone 2, antara lain Atom Atom Z3560, Atom Z3580, dan Atom Z3590. Chip terakhir yang tercepat, Z3590, relatif jarang ditemukan karena baru digunakan terbatas pada Zenfone Zoom ZX551ML.

Pertanyaannya, chip Intel Atom mana yang bakal digunakan untuk ZenFone 3? Pertanyaan ini menjadi menarik karena beberapa informasi (rumor) yang terdengar menjelang kehadiran ZenFone 3 menunjukkan adanya varian ZenFone 3 dengan chip non-Intel.

Selain dukungan sensor sidik jari (fingerprint), bodi kaca dan metal, serta Android OS 6 Marshmallow, smartphone ZenFone 3 dikabarkan akan hadir dalam beberapa varian berdasarkan jenis chip atau prosesornya. Kabar ini muncul berkaitan dengan terdaftarnya Zenfone 3 di beberapa website benchmark dengan model number Z010DD (Qualcomm Snapdragon 615) dan Z012D (Qualcomm Snapdragon 650).

Adanya dua varian (low-end dan mid-range) dengan chip non-Intel ini memunculkan dugaan bahwa ASUS pun akan menghadirkan varian ZenFone 3 tertingginya (high-end model) yang menggunakan chip Intel.

Kembali lagi ke pertanyaan sebelumnya, chip apa yang layak diandalkan Intel untuk ZenFone 3? Ini mengingat saat ini sudah ada beberapa chip ARM (Snapdragon 820, Kirin 950, atau Exynos 8890) yang lebih cepat dari chip Intel Atom saat ini (Z3580 atau Z3590) berdasarkan benchmark AnTuTu, Geekbench 3, atau lainnya.

Apabila benar ZenFone 3 akan memakai chip Intel, masih menjadi tanda tanya chip baru apa yang dipilih. Intel Atom x3 (SoFIA) sepertinya tidak dipilih mengingat SoC yang masih memakai baseband modem 3G ini lebih ditargetkan untuk smartphone segmen low-end hingga mainstream.

Bagaimana dengan chip Intel baru lainnya, seperti Atom x5 dan x7 berbasis “Cherry Trail” yang lebih cepat. Kedua chip Atom 14 nm ini mungkin saja dipilih, tapi perlu diingat, baik Atom x5 dan x7 belum mengintegrasikan baseband modem 4G dan sejauh ini baru dimplemetasikan pada produk tablet.

Itu berarti Intel harus menggunakan chip modem yang terpisah yang kurang optimal sebagai SoC untuk smartphone. Selain itu, Intel pun harus mengatasi hambatan pada konsumsi daya (TDP) x5 dan x7 yang kurang ideal untuk smartphone.

ASUS sebagai produsen samrtphone juga harus mengantisipasi ketergantungannya pada chip Intel karena berdasarkan perkembangan terakhir, Intel berencana untuk mulai mengurangi fokusnya pada pengembangan chip mobile, terutama SoC smartphone.

Seperti apa spesifikasi final semua varian ZenFone 3 yang bakal diumumkan pada acara ASUS “Zenvolution” di Computex 2016 nanti? Apakah ZenFone 3 Deluxe, ZenFone 3 Lite, ASUS Zenfone 3, atau varian lainya akan datang chip Intel dan non-Intel? Kita tunggu saja tanggal 30 Mei nanti. Sementara ini pantau juga berlangsungnya acara “Zenvolution” di link ini.

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS