August 3, 2016

Ini Perilaku Nonton Video Online Para Netizen Menurut Opera

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Ini Perilaku Nonton Video Online Para Netizen Menurut Opera  

MOBITEKNO – Opera mencoba melihat lebih dalam kebiasaan pengguna Internet di seluruh dunia saat melakukan aktivitas multitasking sembari menonton video online (online streaming video) dengan fitur ‘video pop out’ di browser Opera (versi desktop) untuk PC/notebook.

Hasil penelitian menunjukkan preferensi video online secara geografis di seluruh dunia berdasarkan data gabungan dari pengguna Opera 38 (versi desktop) unutk PC/notebook. Opera menjamin meski mempelajari kebiasaan pengguna, data privasi pada individu atau konten video terkaitpengguna tidak dikumpulkan oleh mereka.

Dari hasil penelitian ini, 10 negara teratas pengguna fitur ‘video pop out’ tersebar di empat benua berbeda. Hal ini menunjukkan bahwa ledakan video online merupakan fenomena global.

Menarik diketahui, pengguna di Italia, Inggris, dan Jerman, lebih banyak menggunakan fitur ‘video pop out’ pada akhir pekan. Sebaliknya, pengguna misalnya di Cina, justru lebih banyak menonton video online via fitur ‘pop out video’ sepanjang hari-hari kerjanya.

Bagimana dengan perilaku pengguna browser Opera di Indonesia? Menurut Opera, pengguna di Indonesia memiliki kebisaaan di antara kedua jenis perilaku sebelumnya. Ini artinya, perbandingan menonton video online via fitur ‘pop out video’ antara hari kerja dan akhir pekan masih seimbang di kalan, masing-masing 50%.

Data Opera lainnya, pengguna browser Opera untuk PC/notebook di Indonesia menghabiskan rata-rata 10 menit per hari untuk menggunakan fitur ‘video pop out’ tersebut. Ini berarti setara dengan 13 video resep masakan di kanal YouTube ‘Tastemade Indonesia’ atau 3 video klip lagu pop terbaru berdurasi sekitar 3 menitan.

Tren penonton video digital di Amerika Serikat (AS) tumbuh sebesar 20 persen (periode 2012 – 2015). Pada periode yang sama, pengguna menghabiskan 83 persen lebih banyak waktu menonton video online (rata-rata 1 jam 55 menit/hari).

Tren ini boleh jadi akan sama dengan di Indonesia nantinya. Bagi sebagian pengguna Internet mungkin sulit menyediakan waktu lebih dari 2 jam per hari hanya untuk menonton video oneline. Namun, hadirnya fitur ‘video pop out’ di browser Opera sangat mungkin akan terus mendorong peningkatan durasi menonton video online.

Seperti dijetahui, browser Opera (versi desktop) terbaru sudah menyediakan fitur ‘video pop out’ yang memungkinkan pengguna dengan mudah mengatur (memperkecil) ukuran jendela (window) video agar bisa terus menonton sambil bekerja, bermain, berselancar, atau aktivitas lainnya di PC/notebook.

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS