March 2, 2016

Microsoft Ingin Satukan Platform Game Xbox dan PC dengan Dukungan UWA dan UWP

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Microsoft Ingin Satukan Platform Game Xbox dan PC dengan Dukungan UWA dan UWP  

MOBITEKNO – Divisi gaming Microsoft bersiap melakukan perubahan besar pada platform Xbox yang akan memberi besar bagi ekosistem Windows di masa mendatang. Seperti yang dilansir dari The Guardian, Microsoft akan menyatukan platform PC dan Xbox One ke dalam satu ekosistem yang bisa menjalankan Universal Windows Application (UWA) pada platform UWP (Universal Windows Platform).

Fitur UWA pertama kali hadir sejak Microsoft memperkenalkan sistem operasi terbarunya Windwos 10. Kehadiran UWA salah satunya bertujuan untuk mendukung para developer mengembangkan aplikasi (app) secara lebih cepat dan mudah untuk berbagai varian Windows (Windows 10, Windows 10 Mobile, dan lain-lain) tanpa harus menulis ulang programnya.

Rencana ini disampaikan langsung oleh Phil Spencer, bos divisi MS Xbox, saat temu medianya di San Francisco, AS belum lama ini. Pada intinya, Spencer menyatakan bahwa Xbox nantinya tidak lagi akan hadir komponen hardware yang tidak dapat lagi di-upgrade (fixed hardware).

Bersatunya platformXbox dan PC nanti akan memberi peluang bagi Microsoft untuk meng-update konsol Xbox dengan prosesor atau graphics terbaru dengan jadwal lebih singkat.

Hal ini bisa direalisasikan karena Microsoft sudah mengajak para developer untuk mulai mengembangkan game yang berbasiskan UWA. Game-game lama sendiri dijanjikan Microsoft masih akan kompatibel dengan hardware Xbox baru yang dirilis nanti.

Game pertama yang berbasis UWA nanti adalah Forza Motorsport Apex. Dalam hal ini, Microsoft dengan tim pengembang internalnya, Turn 10 Studios, akan langsung mengkonversi engine game tersebut ke dalam format UWP (Universal Windows Platform).

"Engine Forza Tech sekarang sudah berbasis DirectX 12 dan UWP sehingga (game) Apex sudah bisa berjalan di atasnya. Ini bukan hanya karena alasan teknologi tapi sebagai bukti usaha kami untuk membuat platform yang lebih baik “ tambah Dan Greenawalt, Creative Director Turn 10 Studios.

Meski penyatuan platform membawa efek positif bagi banyak pihak, beberapa pengembang juga sedikit skeptis. Terutama jika terjadi situasi kompleksnya pengembangan game dengan beragamnya spesifikasi hardware seperti yang terjadi di paltform PC selama ini.

 

 

Tags: , , , , , , , , , ,


COMMENTS