January 18, 2022

Siapkan Dana 68,7 Miliar Dolar AS, Akuisisi Activision Blizzard Jadi Belanja Microsoft Terbesar Sepanjang Masa

Penulis: Iwan RS
Siapkan Dana 68,7 Miliar Dolar AS, Akuisisi Activision Blizzard Jadi Belanja Microsoft Terbesar Sepanjang Masa  

Mobitekno – Microsoft kembali mengeluarkan dana ekstra besar dengan rencananya mengakuisisi penerbit dan pengembang game ternama, Activision Blizzard. Akuisisi ini nantinya akan membuat Microsot menguasi banyak game title yang sangat populer saat ini, seperti “Warcraft,” “Diablo,” “Overwatch,” “Call of Duty” hingga “Candy Crush.”

Hal ini juga bisa berarti game Call of Duty atau Crash Bandicoot mungkin saja akan menjadi game eksklusif di game console Microsoft yaitu Xbox atau PC. Seperti diketahui, PlayStation telah cukup lama menjadi platform penting untuk game Call of Duty.

Belum dapat dipastikan seperti apa nanti nasib game-game populer yang selama ini sukses di platform PlayStation. Yang pasti, akuisisi senilai hampir US$ 70 miliar ini bakal memberi dampak yang tidak kecil bagi Sony dalam kiprah bisnis PlayStation di industri gaming.

Ongkos untuk membeli Activision Blizzard senilai US$ 68,7 miliar ini menjadi rekor akuisisi Microsoft sepanjang sejarahnya. Sebelumnya, rekornya dipegang Microsoft saat mengakuisis LinkedIn pada tahun 2016 seharga US$ 26,2 miliar diikuti akuisis Nuance Communications tahun lalu seninilai US$ 19,7 miliar.

Seperti halnya studio game Bethesda yang telah selesai diakuisisi Microsoft tahun lalu, belum jelas apakah semua game dan franchise Activision Blizzard akan menjadi eksklusif di Xbox atau Windows. Prediksinya, nasib game-game tersebut mungkin akan mengikuti game-game besutan Bethesda.

Microsoft menyebutkan bahwa mereka berencana untuk menghadirkan game baru dan lama ke layanan Xbox berbayarnya yang dikenal sebagai Game Pass. Strategi berlangganan untuk bermain game ini sudah beberapa kali disebut oleh CEO Microsoft, Satya Nadella yang menyatakan bahwa mereka ingin menghadirkan bisnis Game Pass menjadi layaknya layanan “Netflix untuk game”/

Apabila proses akuisisi selesai, kiprah bisnis Microsoft di industri gaming akan menjadi semakin dominan mengingat game populer, seperti Call of Duty, World of Warcraft dan Candy Crush tergolong menguntungkan dan menjadi tambahan pendapatan Microsof tsebelumnya dari game Minecraft dan Doom.

Microsoft mengklaim akuisisi Activision Blizzard akan menjadikannya mereka menjadi perusahaan game terbesar ketiga di dunia berdasarkan pendapatan, di belakang Tencent Holdings Ltd dari Cina dan Sony Group dari Jepang.

Tags: , , , , , , , , ,


COMMENTS