August 25, 2020

Review Samsung Galaxy Tab S6 Lite: Terjangkau Tanpa Harus Meninggalkan Fitur Penting

Penulis: Desmal Andi
Review Samsung Galaxy Tab S6 Lite: Terjangkau Tanpa Harus Meninggalkan Fitur Penting  

Mobitekno – Samsung merilis Galaxy Tab S6 Lite ini pada saat banyak masyarakat melakukan aktivitas dari rumah (Work from Home). Hal ini dikarenakan pandemi Covid-19 yang dampaknya hingga saat ini masih terasa. Hadirnya Galaxy Tab S6 Lite berusaha menjawab kebutuhan masyarakat akan perangkat tablet yang mumpuni tetapi dibanderol dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Dibandingkan Samsung Galaxy Tab S6, secara ukuran hanya berselisih 0,1 inci saja. Ya, Galaxy Tab S6 Lite memiliki layar berukuran 10,4 inci, sementara Galaxy Tab S6 berukuran 10,5 inci. Tablet yang hadir di pertengahan Ramadan 2020 ini juga memiliki desain yang stylish.

Ada beberapa perbedaan mendasar yang membuat tablet ini lebih terjangkau. Salah satunya adalah jenis layar yang digunakan. Galaxy Tab S6 Lite tidak menggunakan Super AMOLED. Namun begitu, fitur-fitur yang ada di dalamnya juga cukup lengkap. Hal ini sesuai dengan tujuan Samsung yang ingin agar masyarakat tetap produktif terutama di tengah pandemi seperti saat ini. Bahkan, denga harga yang lebih terjangkau, tablet ini bisa menjadi teman belajar anak-anak Anda. Model Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pun menjadi lebih menyenangkan. Untuk mengetahui tentang tablet ini lebih jauh, berikut ini ulasan dari Mobitekno.

Samsung Galaxy Tab S6 Lite

Kelengkapan

Samsung Galaxy Tab S6 Lite ini memiliki kemasan yang cukup kokoh dan tebal. Seperti tablet-tablet keluaran Samsung lainnya, di kemasan ini pun tertera sedikit informasi mengenai Samsung Galaxy Tab S6 Lite.

Begitu kami buka kemasannya, berikut ini yang terdapat dalam paket penjualannya:

  1. Satu unit Galaxy Tab S6 Lite berwarna Oxford Gray
  2. S Pen
  3. Kabel Charger Type C yang berfungsi sebagai kabel data
  4. Buku petunjuk singkat dan kartu garansi
  5. Adapter AC to DC Fast Charging 15W
  6. SIM Card Ejector

Melengkapi kehadiran Galaxy Tab S6 Lite, Samsung juga mengeluarkan Bluetooth Keyboard Case buatan Targus. Dengan keyboard cover ini, penempatan S Pen menjadi lebih aman karena memiliki area khusus bermagnet untuk S Pen.

Kelengkapan Galaxy Tab S6 Lite

Desain

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, walaupun berharga lebih murah dibandingkan Galaxy Tab S6, tetapi Galaxy Tab S6 Lite ini tetap tampil stylish. Bahkan tidak ada kesan murahan di seluruh bodinya. Bobotnya sekitar 467 gram dan memilii dimensi 244,5 mm x 154,3 mm x 7 mm. Cukup tipis untuk segmen tablet pintar. Desain sekelilingnya juga dibalut dengan frame yang tipis dengan warna hitam ada di sekeliling layar.

Galaxy Tab S6 Lite dengan desain stylish

Kita mulai dari bagian layarnya terlebih dahulu. Samsung Galaxy Tab S6 Lite ini menggunakan jenis layar TFT dengan resolusi 2.000 x 1.200 piksel. Jika diposisikan berdiri (portrait), persis di tengah atas terdapat kamera depan berkemampuan 5MP. Sementara di keempat sudutnya dibuat melengkung sehingga nyaman saat digunakan.

Beralih ke sisi-sisi tablet ini. Di bagian kanan tertapat tombol power dan volume. Segaris dengan dua tombol tersebut terdapat lubang mikrofon dan slot SIM Card. Di sisi ini juga ada bagian bermagnet. Tujuannya untuk meletakkan S Pen jika tidak memilki Book Cover atau Keyboard Cover.

Di sisi bagian bawah terdapat port USB Type C dan lubang speaker. Lubang speaker ini juga terdapat di bagian atas, menemani port audio 3,5mm.

Kini beralih ke bagian belakang. Bodi bagian belakang ini didesain dengan warna doff sehingga tidaklicin saat dipegang. Logo Samsung diletakkan persisi di bagian tengah. Sementara logo AKG sebagai pendukung sistem audionya ada di bagian bawah. Kamera belakang ditempatkan di bagian kiri atas. Kamera ini berkemampuan 8MP dengan appertur F1.9. Tidak ada fitur deteksi sidik jari di tablet ini.

S Pen-nya sendiri berwarna hitam. S Pen ini memiliki ketebalan pen tip hanya 0,7mm. Dengan demikian, arsiran-arsiran tipis bisa dibuat dengan lebih nyaman dengan S Pen ini. Stylus khas Galaxy Tab S6 Lite ini juga memiliki bobot hanya 7,03 gram. Sangat ringan jika digunakan untuk membuat konten menarik.

S Pen dengan fungsi yang fleksibel di Galaxy Tab S6 Lite

 

Fitur dan Performa

Samsung Galaxy Tab S6 Lite hadir dengan fitur yang tak kalah premium dengan kakaknya, Galaxy Tab S6. Selain S Pen, tablet ini juga dilengkapi dengan aplikasi catatan khas Samsung, yaitu S Notes (Samsung Notes). Dengan S Notes, Anda bisa melakukan berbagai catatan dengan mudah melalui S Pen. S Notes juga dapat melakukan konversi catatan ke banyak format lainnya, seperti PDF, JPEG, TXT, hingga Microsoft Word.

Samsung Galaxy Tab S6 Lite ini juga memiliki User Interface yang lebih intuitif. Dengan One UI 2.0 berbasis Android 10, navigasi tablet menjadi lebih nyaman. UI ini juga mendukung banyak fitur Android 10, seperti multitasking dengan split screen atau pop-up view. Mode ini cukup menarik karena Anda bisa bekerja dengan dua aplikasi sekaligus, tanpa harus repot.

Seperti Galaxy Tab S6, Galaxy Tab S6 Lite ini juga memiliki fitur AR Doodle yang menarik. Pengguna bisa berkreasi saat membuat video atau foto dengan tambahan efek-efek atau informasi dengan nuansa yang berbeda dengan fitur ini. AR Doodle membuat konten lebih ceria. Selain AR Doodle, ada juga Screen of Memo. Ini menjadi salah satu fitur andalan Samsung dimana Anda bisa menggunakan S Pen dan menulis catatan penting tanpa harus membuka lock screen.

Contoh penggunaan AR Doodle agar foto lebih unik

Untuk audio, Samsung juga membekalinya dengan audio dari AKG. Tidak hanya itu, Samsung juga menyematkan teknologi Dolby Atmos 3D Surround Sound. Dengan demikian, jika Anda menggunakan headset, kualitas suara yang didengar akan lebih mengagumkan. Layaknya Anda mendengarkan audio seperti di bioskop. Hal ini akan lebih terasa jika menggunakan tablet untuk menikmati hiburan seperti film.

Sebagai bagian dari edukasi untuk anak-anak, Samsung juga mnyertakan fitur Samsung Kids. Di sini, tablet bisa diatur sesuai arahan atau pengaturan dari orangtua. Aplikasi-aplikasi yang terpasang pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan anak-anak. Fungsi Parental Control yang ada dapat digunakan dengan mudah. Cara ini cukup aman untuk menjaga anak-anak mengakses konten yang tidak sesuai dengan usianya.

Fitur andalan lainnya seperti Bixby juga terdapat dalam tablet ini. Selain Bixby, ada juga Daily Board yang bisa memberikan informasi penting kepada Anda. Untuk sisi kamera, baik kamera depan maupun belakang, tampil dengan mode standar. Mode-mode pengambilan gambar atau video tidak ada yang dibuat khusus untuk tablet ini.

Untuk sisi keamanan, walaupun tidak dilengkapi dengan pemindai sidik jari, Samsung Galaxy Tab S6 Lite dilengkapi dengan Face Recognition. Fitur ini sudah cukup untuk mengamankan tablet dari akses orang-orang yang tidak diinginkan. Untuk pengamanan aplikasi, Samsung juga memiliki fitur Secure Folder.

Samsung menyediakan aksesori pendukung yang bisa menambah kenyamanan dalam menggunakan tablet. Salah satunya adalah Bluetooth Keyboard Case atau Book Cover. Dengan aksesori pendukung ini, tablet bisa “diubah” menjadi laptop.

Performa

Mobitekno juga mengukur performa Galaxy Tab S6 Lite ini menggunakan aplikasi benchmark. Berikut ini hasilnya.

Untuk foto-foto dengan kamera belakang, berikut ini hasil foto yang didapat:

Spesifikasi.

Samsung Galaxy Tab S6 Lite ini menggunakan prosesor Exynos 9611 yang mampu mendongkrak performa tablet dengan cukup baik. Namun, tidak hanya prosesor saja yang membuat tablet ini dapat menjadi teman untuk berproduktivitas. Ada banyak faktor pendukung, seperti memori 4GB RAM dan storage internal 64GB atau 128GB (yang datang ke Mobitekno 64GB).

Berikut ini spesifikasi lengkap Samsung Galaxy Tab S6 Lite

Fitur Galaxy Tab S6 Lite
Layar 10,4” 2000×1200(WUXGA+)
OS Android 10 (One UI 2)
Warna Oxford Gray, Angora Blue, Chiffon Pink
Dimensi & Berat 244,5 x 154,3 x 7,0 mm, 467g
Camera Front: 5 MP (F2.0)

Rear: 8 MP (F1.9)

Memori/ Penyimpanan 4GB RAM

64GB / 128GB

Internal Storage Micro SD Slot (Up to 1TB)

Chipset Quad core 2.3GHz + Quad core 1.7GHz
Kapasitas Baterai 7.040mAh (Typical), AFC
Konektivitas Wi-Fi: 802.11 a/b/g/n/ac 2.4GHz+5GHz, Wi-Fi Direct, BT 5.0
Konektor Type C USB 2.0, 3.5mm Ear jack
Sensor Accelerometer, Gyroscope, RGB, Hall Sensor
GPS GPS + GLONASS
Audio Dual Speakers sound by AKG, Dolby Atmos®
Video Recording: FHD (1920×1080) @ 30fps

Playback: UHD 4K (3840 x 2160) | @120fps

Kesimpulan

Samsung Galaxy Tab S6 Lite bisa menjadi opsi menarik untuk menemani Anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Bekerja dengan tablet ini juga cukup memudahkan Anda karena bisa diposisikan sebagai perangkat mobile. Apalagi tablet ini mendukung kartu SIM 4G dari operator. Jadi, performanya tidak hanya mengandalkan koneksi Wi-Fi.

Walaupun bisa digunakan untuk bermain dan hiburan, ada baiknya pilih game-game yang ringan jika ingin dimainkan dalam tablet ini. Namun untuk memutar video HD, tablet masih bisa memutarnya dengan lancar.

Galaxy Tab S6 Lite untuk memutar video HD

Dukungan Android 10 dari OneUI 2.0 juga membantu Anda dalam bernavigasi dengan aplikasi-aplikasi yang ada. Layarnya yang besar, memungkinkan untuk bekerja dengan mode split screen atau Pop-up view. Hal ini bisa menutupi beberapa kekurangan dari aplikasi-aplikasi Android yang ada sekarang ini yang memang kurang didesain untuk kebutuhan tablet.

Tambahan Bluetooth Keyboard Case juga dapat membuat penggunaan semakin nyaman. Anda seperti menggunakan laptop dengan case ini. Bahkan, Anda juga bisa menggunakan wireless mouse. Bekerja pun menjadi lebih nyaman.

Samsung Galaxy Tab S6 Lite dengan Bluetooth Keyboard Case
Tags: , , , ,


COMMENTS