February 17, 2023

Biar Anak Tidak Bosan, Yuk Rancang Aktivitas Edukatif Bersama Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi

Penulis: Desmal Andi
Biar Anak Tidak Bosan, Yuk Rancang Aktivitas Edukatif Bersama Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi  

Mobitekno – Berinteraksi dengan anak adalah hal yang sangat penting untuk perkembangan mereka. Melalui interaksi, anak dapat memperoleh keterampilan sosial dan emosional yang dibutuhkan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Ada banyak aktivitas interaktif yang bisa dibangun bersama anak, salah satunya adalah aktivitas yang bersifat edukatif. Orang tua dapat memanfaatkan gadget untuk membantu menciptakan aktivitas yang menyenangkan dan bermanfaat bagi anak. Contohnya tablet Samsung Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi, yang memiliki beragam fitur yang bisa digunakan untuk membantu anak belajar dan berkembang.

“Samsung menghadirkan Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi yang cocok digunakan orang tua maupun anak-anak. Dengan layar luas 8,7 inci, baterai besar 5100mAh, Samsung Kids yang interaktif, serta parental control untuk memonitor aktivitas digital anak, Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi dapat dimanfaatkan oleh orang tua untuk membangun aktivitas yang edukatif bersama anak di mana saja dan kapan saja,” kata Annisa Maulina, MX Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Berikut adalah beberapa aktivitas interaktif dan edukatif yang bisa dilakukan oleh anak dan orang tua menggunakan Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi:

Pertama, pembelajaran yang interaktif 

Anak dapat memahami sebuah konsep dengan melakukan experience langsung. Misalnya, untuk memahami konsep terjadinya hujan dalam pelajaran IPA, anak bisa diajak melakukan eksperimen membuat awan dalam gelas menggunakan es batu, air panas, dan korek api kayu. Gunakan Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi untuk mengunduh video tutorial melakukan eksperimen itu dan praktikkan bersama anak di rumah. Atau ajak anak yang suka memasak untuk memasak bersama menggunakan resep baru yang diunduh dari YouTube, lalu praktikkan sambil anak belajar mengenai pengukuran, pecahan, dan nutrisi, dengan cara yang mereka suka. Tak usah takut kehabisan tempat penyimpanan file-file anak dan keluarga, sebab Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi sudah dilengkapi penyimpanan internal 32GB yang bisa diperluas sampai 1TB menggunakan kartu MicroSD.

Dengan layar 8,7 inci yang luas dan resolusi 1340×800 (WXGA+), sound yang powerful dengan dual speakers yang diperkuat Dolby Atmos, membuat orang tua dan anak bisa menyaksikan dan mendengarkan tutorial dengan nyaman di layar yang jernih. Untuk kenyamanan mata pengguna, layar Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi sudah dilengkapi dengan fitur eye comfort shield untuk menyaring blue light dan menghadirkan warna-warna hangat yang nyaman di mata.

Gambar 3
Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi bisa jadi perangkat pendukung aktivitas anak

Kedua, Play-based learning

Kadang anak akan merasa bosan belajar dengan sekadar mendengarkan penjelasan guru atau membaca buku dan mengerjakan latihan. Orang tua dan anak bisa melakukan aktivitas play-based learning, yakni metode belajar yang menggabungkan unsur bermain dan belajar. Misalnya, main board game Scrabble untuk mengasah perbendaharaan kata-kata dalam Bahasa Inggris. Putar musik atau lagu di tablet dan ajak anak untuk menari, sehingga anak bisa mengeksplorasi ritme, tempo, dan melodi, sekaligus mempelajari seni dan musik.

Anak-anak juga bisa belajar dan bermain melalui game-game dan aplikasi-aplikasi yang menarik di Samsung Kids. Seperti game Croco’s Advanture, di mana anak bisa belajar problem solving sambil berpetualang bersama Croco, belajar critical thinking dalam game Croco’s Friends Village, atau mengasah keterampilan menggambar dengan aplikasi Bobby’s Canvas.

Ketiga, belajar di luar ruangan (outdoor)

Orang tua dapat memberikan variasi dalam kegiatan belajar dengan mengajak anak ke luar ruangan (outdoor), seperti berkebun di halaman belakang rumah. Di halaman belakang ini, anak yang kecil bisa mengeksplorasi pola dan bentuk, menghitung langkah atau jumlah pohon, atau mengukur jarak. Sedang anak yang lebih besar bisa mempelajari aneka tumbuhan dan satwa yang ada.

Gunakan Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi untuk browsing materi-materi yang bisa memperkaya informasi yang mereka kumpulkan dari observasinya. Gunakan Samsung Notes untuk mencatat dan membuat laporan dengan lebih terperinci. Dengan bobot hanya 366gram, ketebalan 8mm, Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi cukup ringan dan ringkas untuk dibawa beraktivitas di luar ruangan. Tak usah khawatir kehabisan daya saat menggunakan tablet ini di luar ruangan, sebab dengan baterai besar 5100mAh, tablet ini bisa digunakan lebih lama dan bisa juga di-charge dengan cepat berkat 15W Adaptive Fast Charging.

Sebagai penghargaan untuk anak yang disiplin dan mengikuti kegiatan belajar dengan tekun, orang tua bisa memberikan screen time tambahan untuk main game online atau nonton channel YouTube favorit mereka. Screen time ini merupakan bagian dari fitur parental control yang ada di Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi. Dengan parental control ini orang tua tidak hanya mengatur batasan penggunaan tablet tapi juga dapat mengatur aplikasi apa saja yang boleh digunakan oleh anak, sehingga anak akan tetap aman dalam aktivitas digitalnya.

Tertarik untuk memperkaya aktivitas belajar anak Anda dengan kegiatan yang menarik? Saatnya menggunakan Samsung Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi, yang kini tersedia dalam warna Gray dengan harga Rp 1.999.000.

Tags: , , ,


COMMENTS