March 21, 2023

Review Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi, Low Segmen Tapi Berkesan Mewah

Penulis: Desmal Andi
Review Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi, Low Segmen Tapi Berkesan Mewah  

Mobitekno -Galaxy Tab A7 Wi-Fi adalah tablet yang dikeluarkan Samsung untuk memenuhi kebutuhan semua anggota keluarga. Tablet ini menawarkan berbagai fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengakses internet dengan mudah dan nyaman. Salah satu keunggulan dari Galaxy Tab A7 Wi-Fi adalah layar lega 8,7 inci dengan resolusi 1340 x 800 piksel, yang menawarkan tampilan yang jernih dan detail yang tajam.

Tablet ini memang dibutuhkan untuk kebutuhan keluarga. Jadi, tidak hanya bisa digunakan untuk orang dewasa saja, tetapi juga anak-anak. Bisa dikatakan tablet ini merupakan tablet All-in-One untuk keperluan keluarga.

Ada banyak aktivitas interaktif yang bisa dibangun bersama keluarga melalui Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi ini. Salah satunya adalah aktivitas yang bersifat edukatif. Orang tua dapat memanfaatkan gadget untuk membantu menciptakan aktivitas yang menyenangkan dan bermanfaat bagi anak. Penasaran dengan perangkat ini? Berikut ulasan dari Mobitekno.com.

20230309 134819

Kelengkapan

Paket tablet datang ke meja redaksi dengan lengkap dan masih terbungkus segel dengan rapi.Setelah proses unboxing selesai dilakukan, dengan segera terlihat berbagai item yang disediakan dalam kotak kemasan tersebut. Detailnya sebagai berikut:

  1. Satu unit tablet Galaxy Tab A7 Lite dengan pilihan warna Gray berlayar 8.7 inci
  2. Buku petunjuk singkat
  3. Kabel data USB type A ke USB Type C, berfungsi juga sebagai kabel daya
  4. Adapter AC to DC untuk proses pengisian daya

Desain

Dari sisi desain, Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi tidak seperti tablet murahan yang banyak dijumpai di psar gadget. Memang, perangkat ini ditujukan untuk pengguna tablet low segmen, namun bukan berarti Samsung memberikan material yang asalan. Material pada Samsung Galaxy Tab A7 Lite ini berbahan metal. Jadi, tablet terlihat lebih kokoh.

Tidak hanya bodinya saja yang memiliki kesan mewah, tetapi juga ketebalannya. Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi hanya memiliki ketebalan 8mm. Ini membuatnya terlihat lebih ramping dan stylish. Desain seperti ini menambah kesan mewah, seperti yang terlihat pada tablet-tablet berharga di atasnya. Bobotnya juga cukup ringan yang membuat perangkat ini mudah untuk dibawa-bawa kemanapun penggunanya pergi.

20230309 135113
Material berbahan metal yang terlihat lebih mewah

Untuk bagian layar, ukuran 8,7 inci sudah termasuk besar di segmen harga yang sama. Layarnya menggunakan jenis TFT dengan resolusi WFGA+ 800 x 1340px dengan screen to body ratio sekitar 81%. Dengan begitu, layar cukup lega dengan bezel yang cukup tipis. Dimensi keseluruhannya adalah 212,5 x 124,7, 8 mm. Sisi-sisi kaca pada layar tidak dibuat terlalu siku sehingga nyaman juga saat disentuh dengan jari-jari dari tangan penggunanya.

Kini kita beralih ke bagian layar depan. Terlihat adanya kamera depan dengan kemampuan 2MP. Dengan spesifikasi kamera depan ini, pengguna bisa memanfaatkannya untuk mendukung aktivitas video conference. Bahkan, saat kami coba dalam suasana mendung di sebuah outdoor cafe, hasil kamera terlihat cukup jelas. Bagian belakangnya juga terdapat kamera berkemampuan 8MP. Ini bisa digunakan untuk melakukan aktivitas foto secara spontan. Hasilnya juga tidak mengecewakan. Desain kamera depannya juga persis di tengah-tengah dan di atas layar. Jadi cukup nyaman saat digunakan untuk video conference.

Galaxy Tab A7 Lite desain 3
Kamera depan

Beralih ke bagian sisi-sisinya. Di bagian kanan, terlihat dua tombol fisik untuk power dan volume. Tombol power berada di atas tombol volume. Di bawahnya lagi terlihat lubang mikrofon berukuran sangat kecil untuk mendukung perekaman atau deteksi suara. Di sisi sebelahnya, yaitu sisi kiri, hanya terdapat slot Memory Card. Colok dengan SIM Ejector yang sudah disediakan untuk membukanya. Terlihat susunan slot hanya menyediakan ruang untuk microSD. MicroSD-nya sendiri mendukung hingga kapasitas 1TB. Jadi, jangan khawatir mengenai storage-nya. Berbaga tipe dan jenis fike pun bisa disimpan dalam tablet.

20230309 135335
Slot MicroSD

Beralih ke sisi bawah. Di sini terdapat slot USB Type C, lubang mikrofon, dan speaker. Suara speakernya cukup kencang. Hal ini karena tidak lepas dari dukungan Dolby Atmos di dalamnya dan teknologi Surround Sound yang bisa menghadirkan pengalaman sinematik 3D. Di sisi atasnya tidak terdapat port apaun alias polos.

Fitur dan performa

Walaupun dibanderol dengan harga sejutaan, jangan khawatir dengan performanya. Hal ini karena Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi dibekali dengan prosesor MediaTek MT8768T Helio P22T Octa Core 2,3Ghz dan 1,8GHz yang diproduksi dengan teknologi 12nm. Perangkat ini juga dibekali dengan memori 3GB RAM. Paduan prosesor dan memori tersebut mampu mengantarkan proses data dengan cepat sehingga menikmati konten apapun menjadi lebih nyaman di Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi.

helio p22 benchmark
Prosesor MediaTek Helio P22T

Dan satu lagi, walaupun ada di segmen bawah, bukan berarti tablet keluaran Samsung ini pelit fitur. Bahkan, fitur yang ada bisa digunakan dengan luas. Selain untuk kebutuhan anak-anak, juga bisa digunakan untuk kebutuhan keluarga. Apalagi jika dikombinasikan dengan Samsung Account. Fleksibilitasnya akan lebih luas lagi. Untuk anak-anak, Samsung juga menyediakan fitur Samsung Kids yang bisa dimanfaatkan untuk membatasi penggunaan tablet pada anak-anak. Di sini, orangtua bisa mengontrol penuh anaknya saat berinteraksi dengan tablet. Dengan demikian, walaupun digunakan bersamaan, anak tetap bisa terjaga dari konten-konten yang tidak diinginkan.

Fitur-fitur tadi menjadi sangat bermanfaat jika tablet digunakan untuk belajar para siswa. Ditambah dukungan teknologi surround serta Dolby Atmos, membuat suara keluar dengan lebih menggelegar. Tablet juga masih dibekali port audio 3,5mm membuat tablet ini bisa dikoneksikan dengan perangkat audio lainnya.

20230309 135616 1
ManTab untuk hiburan

Lahir sebagai keluarga Galaxy, tentu saja Galaxy Tab A7 Lite bisa bersinergi dengan perangkat Samsung Galaxy lainnya. Melalui ekosistem Samsung, hanya dengan satu akun Samsung, penggun bisa berinteraksi dengan perangkat Samsung lainnya, seperti smartphone. Proses edit, copy, dan lainnya bisa dilakukan dengan lebih mudah antar-perangkat.

Seperti yang sudah disebutkan di atas. Tablet juga menyediakan fitur keamanan untuk anak-anak? Mengingat sasaran tablet ini adalah keluarga. Samsung mengandalkan fitur Samsung Kids yang bisa diaktifkan dari bagian notifikasi atau quick panel. Berikan password khusus agar pengawasan tablet sepenuhnya ada pada orangtua. Di Samsung Kids ini, mulai dari aplikasi game, browser, hingga konten video bisa diatur tingkat usianya. Dengan begitu, orangtua pun akan merasa nyaman saat meninggalkan buah hati dengan tablet Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi.

Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi juga dibekali baterai dengan kapasitas besar. Baterai besar 5.100mAh yang didukung fast charging 15W bisa memperpanjang waktu pakai. Bahkan, pengisiannya mendukung sistem pengisian cepat 15W. Jadi, tidak perlu menunggu lama untuk mengisi ulang tablet, terutama jika sedang digunakan untuk belajar dan bekerja.

Untuk bagian kamera, tidak ada yang istimewa. Hal ini karena peruntukan tablet memang untuk kreativitas pengguna saja. Bukan fotografi. Jadi, fitur yang muncul hanyalah fitur standar, baik untuk kamera depan maupun kamera belakang.

Hasil benchmark

Spesifikasi

Galaxy Tab A7 Lite bisa digunakan pengguna dengan mobilitas yang tinggi. Pun begitu, tablet ini juga bisa diajak meinkmati hiburan dengan nyaman. Apalagi layarnya yang lega didukung dengan kualitas audio yang prima serta memiliki teknologi suara Dolby Atmos.

Untuk lengkapnya, berikut spesifikasi Samsung Galaxy Tab A7 Lite

 

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi
Layar 8.7-inch 1340×800 (WXGA+) TFT
OS Android 11
Dimensi 212.5 x 124.7 x 8.0mm
Berat 371g
Kamera Belakang 8MP AF, Depan 2MP​
Memori 3GB RAM + 32GB ROM, dapat ditambah eksternal microSD sampai 1TB
Processor Octa-core

4×2.3GHz + 4×1.8GHz

Baterai* 5,100mAh​ (Fast Charging 15W)

* Typical

Charger fast charging dijual terpisah

Konektivitas Wi-Fi 5 (802.11 a/b/g/n/ac),

Wi-Fi Direct, Bluetooth® v5.0

Warna Gray, Silver
Konektivitas Type C, USB 2.0, 3.5mm Ear jack​
Sensor Accelerometer, Compass, Light sensor​
GPS GPS+GLONASS, Beidou, Galileo
Audio Dual Stereo Speakers, Dolby Atmos®
Video Recording: FHD (1920×1080) @ 30fps

Playback: FHD (1920×1080) @ 30fps

Aksesoris* Book Cover

*Dijual terpisah

Kesimpulan

Samsung Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi bisa jadi perangkat andalan keluarga Indonesia. Di zaman post pandemic seperti ini, tablet memang sudah menjadi kebutuhan yang penting untuk keluarga, selain tentunya smartphone. Anak bisa diajak untuk berinteraksi dan belajar melalui tablet ini dengan lebih aman. Orangtua juga bisa memanfaatkannya untuk menikmati beragam hiburan, karena dibekali dengan sistem tata suara Dolby Atmos yang memukau.

20230309 140002

Baterainya yang berkapasitas 5.100mAh juga mampu mengoperasikan tablet ini dengan durasi lebih lama. Jadi, setelah selesai digunakan untuk belajar dan bekerja, tablet masih bisa digunakan untuk menikmati hiburan, tanpa harus repot mengisi daya baterainya lagi.

 

 

 

Tags: , ,


COMMENTS