June 20, 2019

Peluncuran Huawei Nova 5 akan Diwarnai Debut Chip 7nm Kirin 810 Terbaru

Penulis: Rizki Romdoni
Peluncuran Huawei Nova 5 akan Diwarnai Debut Chip 7nm Kirin 810 Terbaru  

Mobitekno – Pada sebuah postingan di Weibo (via GSM Arena), kepala divisi smartphone Huawei mengungkapkan bahwa Huawei Nova 5 yang nanti akan hadir membawa chipset baru. Chipset tanpa nama ini kabarnya akan menjadi simpul 7nm, seperti prosesor andalan perusahaan saat ini, Kirin 980.

Jika ini berhasil, Huawei akan menjadi perusahaan pertama dengan dua chipset 7nm dalam portofolionya. Hanya Qualcomm Snapdragon 855 dan Samsung Exynos 9820 yang menggunakan simpul 8nm.

He Gang, yang mengungkap berita tentang chipset Huawei Nova 5, menolak mengatakan terkait chipset tersebut. Namun, spekulasi merebak bahwa itu akan menjadi Kirin 810. Bila benar, itu akan menggantikan Kirin 710 yang digunakan di banyak ponsel pintar kelas menengah Huawei.

Huawei Nova 5

Banyak desas-desus juga beredar bahwa Huawei akan segera meluncurkan Kirin 985, mungkin dengan seri Huawei Mate 30. Ini akan menjadi versi 980 yang sedikit ditingkatkan, dimana sangat mungkin juga merupakan simpul 7nm.

Chipset yang dibangun dengan pabrikasi 7nm dikatakan lebih cepat daripada chipset dengan transistor yang lebih besar – seperti Qualcomm Snapdragon 845, yang memiliki proses 10nm. Secara umum, semakin kecil transistor semakin banyak yang dapat dimuat pada sebuah chip, dan semakin cepat prosesor dapat mengirimkan informasi.

Nova 5 diharapkan hadir dengan layar AMOLED FHD + 6,39 inci dengan lubang takik untuk kamera selfie 32MP dan pemindai sidik jari dibawah layar. Bagian belakang akan menampung pengaturan empat kamera dengan kamera utama 48MP. Meskipun tidak banyak lagi yang diketahui tentang chipset mendatang dari Huawei ini akan sangat mungkin digunakan Huawei Nova 5 agar mencicip pengalaman yang sangat tajam. Huawei akan meluncurkan Nova 5 pada 21 Juni.

Tags: , , , , ,


COMMENTS