June 20, 2019

Usung Tema “Nyalakan Ambisimu, Wujudkan Suksesmu”, Blibli.com Siap Gelar Ajang The Big Start Season 4

Penulis: Karyo | Editor: Muhammad R
Usung Tema “Nyalakan Ambisimu, Wujudkan Suksesmu”, Blibli.com Siap Gelar Ajang The Big Start Season 4  

Mobitekno – Sejalan dengan komitmen Blibli.com dalam mengembangkan potensi industri kreatif di Indonesia, Blibli.com kembali menghadirkan The Big Start (TBS), ajang kompetisi wirausaha bagi creativeprenuer muda. The Big Start yang kini memasuki tahun keempat kompetisi bakal mengususng tema “Nyalakan Ambisimu, Wujudkan Suksesmu”. Tema tersebut mencerminkan tekad Blibli.com untuk semakin memicu kesuksesan usaha-usaha kreatif.

Pada The Big Start tahun ini, Blibli.com akan menghadirkan berbagai inisiatif untuk para creativepreneur dapat memperkuat bisnisnya di pasar Indonesia dan juga mempersiapkan diri merambah ke pasar global melalui rangkaian program, pelatihan, dan kolaborasi.

Menurut Andy Adrian, Deputy CMO Blibli.com, The Big Start Season 4 kali ini menawarkan hadiah total Rp1,3 miliar. Ajang ini, kata Andy, membuka kesempatan bagi para creativepreneur muda untuk mengasah kemampuan bisnis sesuai dengan kebutuhan pasar, selain mendapatkan kesempatan untuk mengikuti ajang pameran di luar negeri dan berkolaborasi dengan brand lokal untuk proyek spesial.

“Kompetisi bagi creativepreneur yang pendaftarannya dibuka sejak 19 Juni hingga batas akhir di bulan Agustus 2019 ini merupakan wujud komitmen jangka panjang Blibli.com dalam mendukung program pemerintah Indonesia untuk mengembangkan usaha-usaha kreatif yang secara teknis merupakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM),” ujar Andy saat peluncuran ajang The Big Start Season 4, di Jakarta, Rabu (19/6).

Sektor ini menurutnya penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi negara. Berdasarkan pada survei Kementerian Perindustrian, sektor UMKM telah menyumbang sekitar 60,3% terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional.

“Besarnya kontribusi usaha kreatif bagi PDB Indonesia menunjukkan bahwa para creativepreneur muda mampu memberikan kontribusi signifikan bagi perekenomian nasional. Agar semakin mendorong potensi creativepreneur, Blibli.com berkomitmen untuk memainkan perannya sebagai mal online dalam meningkatkan kapasitas creativepreneur untuk memenangkan pasar,” tambahnya.

Blibli.com akan memperkuat kapasitas creativepreneur dengan membantu mereka melalui dua inisiatif, yaitu kompetisi TBS sebagai titik awal mencari creativepreneur dengan usaha menjanjikan. Kemudian, Galeri Indonesia, kategori khusus usaha kreatif di Blibli.com, akan bertindak sebagai platform penjualan dan pembinaan yang berkelanjutan untuk para creativepreneur.

“Kami akan mengusung pendekatan pemasaran terkini, yaitu Marketing 4.0, pada kedua inisiatif ini. Marketing 4.0 mengutamakan kolaborasi, jaringan, serta sinergi antara online dan offline dalam mengembangkan usaha di era digital,” jelsanya.

Ajang kompetisi TBS season 4 ini didukung penuh oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), BEKRAF, Bank Central Asia (BCA), AXA Indonesia, Universitas Prasetiya Mulya, dan KontrakHukum.com. TBS Seaseon 4 juga akan difokuskan pada 4 kategori utama, yaitu fashion, kuliner, kesehatan dan kecantikan (KKE), dan kriya.

Blibli.com juga akan menggandeng empat pakar pada bidangnya untuk menjadi juri. Mereka itu adalah Didiet Maulana, Founder of IKAT untuk kategori fashion, Priscilla Pangemanan, Founder of SASC Cosmetics untuk kategori KKE, Chef Rinrin Marinka, Masterchef Indonesia untuk kategori Kuliner, dan Luthfi Hasan, Founder of Jakarta Vintage untuk kategori Kriya.

Sementara itu menurut Geoffrey L. Dermawan, SVP Trade Partnership Merchant Sales Operation & Development Blibli.com, mengungkapkan bahwa setelah ajang tersebut para peserta juga mendapat kesempatan menampilkan produk-produk usaha kreatifnya di Galeri Indonesia, yaitu kategori khusus di dalam platform Blibli.com bagi brand atau produk asli buatan Indonesia yang mencakup produk makanan, kesehatan & kecantikan, fashion moda, dunia muslim, rumah dan dekorasi, serta seni dan kerajinan.

Tags: , , , , ,


COMMENTS