October 9, 2019

Review Canon PIXMA TS8270, Bukan Sekadar Perangkat Cetak Tetapi Juga Fashion

Penulis: Desmal Andi
Review Canon PIXMA TS8270, Bukan Sekadar Perangkat Cetak Tetapi Juga Fashion  

Mobitekno – Canon PIXMA TS8270 ini sudah hadir di Indonesia sejak Januari 2019. Printer ini tidak hanya hadir untuk memenuhi kebutuhan office, tetapi juga gaya hidup, terutama kaum perempuan. Ya, karena Canon PIXMA TS8270 memiliki kemampuan mencetak stiker kuku yang bisa ditempel untuk mempercantik penggunanya.

Hadirnya Canon PIXMA TS8270 di segmen lifestyle karena Canon ingin memenuhi permintaan para penggunanya yang menginginkan sebuah produk yang dapat mendukung fashion mereka. Sebuah tray khusus disediakan di dalamnya untuk menempatkan stiker kuku. Dukungan aplikasi mobile di Android dan iOS membuat proses pencetakan menjadi lebih mudah, baik untuk mencetak dokumen maupun stiker kuku.

Namun, tidak hanya itu saja kemampuan yang dimiliki Canon PIXMA TS8270. Printer ini didesain untuk penggunaan all-in-one. Jadi, selain mencetak dokumen dari PC, Notebook, maupun smartphone, printer ini juga dapat melakukan dua tugas lainnya, yaitu Copy dan Scan.

 

Kelengkapan

Canon PIXMA TS8270 hadir dalam sebuah kotak kemasan yang besar. Di dalamnya banyak terdapat perangkat dan kebutuhan pendukung printer. Lebih jelasnya, apa saja yang ada di dalam paket penjualannya adalah sebagai berikut:

  1. Satu unit printer Canon PIXMA TS8270 berwarna merah maron
  2. Kabel power
  3. Tinta printer yang berjumlah 6 cartridge
  4. CD yang berisikan driver printer
  5. Manual Book
  6. Kabel Data USB untuk menghubungkan printer dengan PC.
Canon TS8270
Kelengkapan pendukung Canon PIXMA TS8270

 

Desain

Saat printer dikeluarkan dari kotak penjualannya, terlihat desain yang dibuat Canon untuk PIXMA TS8270 ini cukup kompak dan padat. Walau termasuk kategori printer all-in-one bodi keseluruhannya tidak terlalu besar. Proses scan dan copy bisa dilakukan di bagian atas. Sementara tray untuk penempatan kertas ada di bagian bawah dan semuanya terlihat menyatu dalam bodi printer yang kotak.

Bagian atas memiliki cover yang bisa dibuka tutup untuk kebutuhan scan dan copy. Sementara di mundur ke belakang terdapat rear tray untuk menempatkan kertas dengan cara cepat. Rear tray ini bisa ditarik lebih panjang seperti kebanyakan printer lainnya, agar kertas bisa berdiri menyandar dengan rapi. Jika cover dibuka, terlihat permukaan kaca untuk menempatkan dokumen yang ingin di-copy atau scan. Proses scan atau copy bisa berjalan jika cover dalam keadaan tertutup.

Canon TS8270
Cover atas

 

Beralih ke bagian depan. Di sini letak fungsi pengontrolan seluruh printer. Bagian depan printer di desain fleksibel karena bisa ditekuk hingga sejajar dengan cover atas. Sebuah LCD berukuran 4,3 inci tepat berada di tengahnya. LCD dengan fungsi layar sentuh ini menjadi pusat kontrol semua fungsi printer. Mulai dari pengaturan, proses cetak, memilih jenis kertas, hingga melakukan perawatan, dapat dilakukan dari layar ini. Di sampingnya terdapat tombol power yang dilengkapi satu lampu di atasnya sebagai indikator aktif tidaknya printer.

Canon TS8270
Sisi depan

 

Jika diperhatikan secara keseluruhan, hanya ada satu tombol di printer ini, yaitu tombol Power (On/Off). Tidak ada tombol lainnya di seluruh bagian printer. Jadi, secara desain, printer ini tampil minimalis sehingga nyaman untuk dipandang. Berkat desain seperti ini, printer pun bisa menyatu dengan berbagai furniture di dalam rumah maupun di kantor. Seluruh fungsi dilakukan langsung dari layar LCD.

Masih di bagian depan. Posisi tray untuk kertas ada di sisi bawah. Tarik dan keluarkan untuk menaruh kertas di dalamnya. Tray ini bisa menempatkan berbagai jenis dan ukuran kertas. Anda tinggal menyesuaikan saja dengan ukuran kertas yang akan digunakan.

Ada satu tray tambahan lagi di dalamnya. Fungsi tray tambahan ini seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, untuk mencetak cover CD dan stiker kuku. Stiker bisa dibeli secara terpisah dan menggunakan aplikasi “Nail Sticker Creator”, Anda bisa mendesain gambar apa saja yang bisa dicetak di stiker kuku.

Canon TS8270

Sementara itu, dibalik cover yang terdapat layar LCD, ada tray lagi yang berfungsi untuk menampung hasil pencetakan, sehingga hasil cetak bisa tersusun secara rapi. Menariknya, saat printer non aktif, tray ini tidak terlihat sehingga tidak membuat dimensi printer menjadi lebih besar. Tray otomatis akan keluar saat proses pencetakan dimulai.

Di bagian depan juga terdapat satu slot SD Card untuk mencetak langsung dari memori berjenis SD Card. Masukkan saja SD Card ke dalam slot ini lalu, printer akan membacanya dan dari panel LCD, Anda bisa melakukan setting serta proses pencetakan.

Canon TS8270

Bagian lainnya, yaitu sisi kanan, kiri, dan belakang hampir tidak ada fungsi yang menyatu di bodinya. Hanya akses kabel power dan USB terletak di sudut belakang. Sebuah akses juga disediakan di bagian belakang untuk mengambil kertas yang tersangkut jika printer mengalami paper jam.

Canon TS8270

 

Fitur dan Performa

Hadir sebagai printer all-in-one photo, tentu saja Canon PIXMA TS8270 bisa digunakan tidak hanya untuk proses print, tetapi juga scan dan copy. Dari panel LCD sudah terpampang jelas ketiga fungsi ini yang bisa dilakukan oleh printer. Jika Anda menggunakan Windows 10, Anda tidak perlu mengatur driver printer secara ribet. Windows akan mengenal tipe printer ini saat kabel USB digunakan.

Canon TS8270
Wireless dari smarphone

 

Menariknya, printer bisa digunakan secara wireless melalui koneksi Wi-Fi yang ada di ruangan maupun dengan memanfaatkan Wi-Fi Direct ke perangkat yang memiliki koneksi Wi-Fi lainnya, seperti smartphone. Hanya dengan memanfaatkan aplikasi Canon PRINT Inkjet/SELPHY atau Easy Photoprint Editor, Anda bisa langsung membuat template di dalam samrtphone dan langsung mencetaknya melalui jaluir Wi-Fi atau Wi-Fi Drirect. DI aplikasi tersebut disediakan beberapa opsi untuk mencetak, seperti Photoprint, Document Print, Create Photo Items, dan Smartphone Copy. Semuanya bisa dilakukan dengan sangat mudah serta cepat.

Sebelum proses cetak dimulai, biasanya printer akan meminta Anda untuk mengatur ukuran dan jenis kertas yang digunakan. Aturlah sesuai jenis kertas yang Anda miliki agar bisa mendapatkan hasil cetak yang maksimal. Indikator volume tinta di setiap cartridge juga akan tampil setiap proses cetak berlangsung. Dengan demikian Anda bisa menlihat cartridge mana saja yang masih banyak tintanya.

Semua proses cetak, baik untuk print, copy, dan scan kami coba. Hasilnya, printer ini mencetak cukup cepat. Bahkan, untuk mode standar copy dengan warna hitam, kertas melaju dengan cepatnya saat proses cetak berlangsung. Bagaimana untuk mencetak foto? Sama saja. Canon PIXMA TS8270 dapat mencetak foto dengan kertas glossy dalam waktu yang cepat. Hasil tintanya pun langsung kering sehingga jika Anda ingin langsung menempatkan di bingkai atau album foto, tidak perlu khawatir kertas akan menempel di kaca atau plastik tempat album foto tersebut.

Untuk proses pencetakan di stiker kuku, aplikasi Nail Sticker sudah menyediakan beragam model gambar yang bisa langsung digunakan. Bahkan, aplikasi ini bisa menampilkan desain mana saja yang lagi populer digunakan banyak orang. Namun begitu, jika Anda ingin mencetak desain sendiri, Anda bisa melakukannya langsung dari aplikasi. Hasilnya cukup presisi. Akan tetapi, untuk mendapatkan hasil yang bagus di kuku Anda, butuh tindakan lain seperti memoting stiker dengan pemotong khusus agar bisa pas dengan kuku Anda.

Hasil pencetakan di stiker kuku

 

Spesifikasi

Berikut ini spesifikasi dari Canon PIXMA TS8270

Nama Canon PIXMA TS8270
Fungsi Print, Copy, Scan
Display LCD 4,3 inci TFT Colour
Interface SD Card slot, USB 2.0 Hi Speed
Dimensi 373 x 319 x 140 mm
Berat 6,6 kg
Jebnis Tinta Cartridge PG-780 (Pigment Black)
CLI-781 (Cyan / Magenta/ Yellow / Black / Photo Blue)
[Optional: PG-780XL (Pigment Black),
CLI-781XL (Cyan / Magenta / Yellow / Black / Photo Blue)]
Koneksi Kabel USB, Wi-Fi, Wi-Fi Direct

 

Kesimpulan

Canon PIXMA TS8270 ini bisa menjadi perangkat printer yang ideal bagi kebutukan mencetak di rumah, kantor, maupun bisnis UKM yang Anda jalankan. Desainnya yang kompak dan minimalis, ditambah koneksi tanpa kabel membuat posisi printer tidak dikotori dengan banyak kabel yang melintang di sekitarnya. Dengan begitu, desain yang ciamik ini bisa menyatu dengan hiasan lain di meja kerja atau berbagai furniture di rumah Anda.

Canon TS8270

Adanya dual connection, wire dan wireless membuat penggunaan menjadi lebih fleksibel. Koneksi wireless bahkan membuat proses setting dan pencetakan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat, termasuk dari smartphone sekalipun.

Adanya fungsi pencetakan stiker kuku menjadi nilai tambah produk ini. Tampaknya Canon cukup jeli membidik pasar lifestyle yang menyasar ke banyak kaum perempuan, terutama di perkotaam. Mereka yang menggunakan fitur ini tidak perlu ke salon lagi untuk mempercantik kuku. Dengan begitu, printer ini bisa menyasar lebih banyak segmen konsumen di Indonesia.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS