January 3, 2019

Terapkan Standar Baru, USB-C Kini Mampu Mengotentikasi Perangkat yang Terhubung

Penulis: Rizki Romdoni
Terapkan Standar Baru, USB-C Kini Mampu Mengotentikasi Perangkat yang Terhubung  

Mobitekno – Peningkatan standar USB-C memungkinkan kriptografi dapat digunakan untuk mengotentikasi perangkat yang terhubung. Kemajuan ini juga akan memastikan bahwa perangkat telah disertifikasi dengan benar, disamping juga dapat digunakan untuk meningkatkan keamanan … Misalnya, titik pengisian daya USB yang ditawarkan di tempat-tempat umum seperti bandara dan kedai kopi menciptakan kerentanan jika ada oknum yang menggantinya dengan perangkat yang dirancang untuk mengirimkan malware atau jika pengisi daya palsu murah digunakan gagal menghasilkan jumlah daya yang tepat.

Standar baru yang dikenal sebagai Otentikasi USB Tipe-C akan memastikan bahwa itu adalah pengisi daya asli. Standar ini memungkinkan perangkat untuk diautentikasi menggunakan data atau saluran pengiriman daya, yang berarti pengisi daya dapat diverifikasi tanpa membuka koneksi data ke Mac atau iPad.

Seperti dilansir 9to5Mac, USB Implementers Forum (USB-IF) mengatakan bahwa otentikasi segera dilakukan saat koneksi berlangsung, dan sebelum semua jenis perangkat diizinkan.

“USB-IF bersemangat untuk meluncurkan Program Otentikasi Tipe-C USB, memberikan OEM dengan fleksibilitas untuk menerapkan kerangka kerja keamanan yang paling sesuai dengan persyaratan produk spesifik mereka,” kata Presiden USB-IF dan COO Jeff Ravencraft. “Seiring ekosistem USB Type-C terus tumbuh, perusahaan dapat lebih jauh memberikan keamanan yang diharapkan konsumen dari perangkat USB bersertifikat.”

Otentikasi USB Tipe-C memberdayakan sistem host untuk melindungi terhadap pengisi daya USB yang tidak sesuai, dan untuk mengurangi risiko dari firmware/perangkat keras berbahaya pada perangkat USB yang mencoba mengeksploitasi koneksi USB. Dengan menggunakan protokol ini, sistem host dapat mengkonfirmasi keaslian perangkat USB, kabel USB atau pengisi daya USB, termasuk aspek produk seperti kemampuan dan status sertifikasi. Semua ini terjadi tepat saat koneksi dibuat – sebelum daya atau data yang tidak sesuai dapat ditransfer.

Penerapan standar kriptografi USB-C baru adalah opsional.

Belum diketahui pada tahap ini apakah Apple akan mengadopsinya, tetapi mengingat komitmen perusahaan terhadap keamanan; tampaknya lebih mungkin daripada tidak.

Tags: , , , ,

  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

COMMENTS