November 26, 2018

Logitech Ingin Mengakuisisi Plantronics dengan Mahar US$ 2 Miliar

Penulis: Rizki Romdoni
Logitech Ingin Mengakuisisi Plantronics dengan Mahar US$ 2 Miliar  

Mobitekno – Logitech, produsen keyboard dan webcam asal Swiss dilaporkan tengah dalam diskusi untuk mengakuisisi Plantronics, pembuat earpiece Bluetooth dan headset gaming asal Amerika Serikat. Kesepakatan itu akan menjadi akuisisi terbesar Logitech yang akan menggambarkan dorongan perusahaan untuk melakukan diversifikasi bisnisnya. Kesepakatan ini juga datang sebagai upaya kedua perusahaan untuk menekan biaya produksi mengikuti pengenalan tarif impor dari China ke Amerika Serikat.

Salah satu sumber mengatakan, Logitech telah melakukan penawaran di angka US$ 2,2 miliar untuk mengakuisisi Plantronics. Pada akhir perdagangan pada Jumat (23/11), Plantronics memiliki kapitalisasi pasar sekitar US$ 2 miliar. Bila perundingan berjalan tokcer, kesepakatan antara Logitech dan Plantronics bisa terjalin sedini mungkin (terhitung mulai pekan depan). Tetapi perundingan ini juga masih menyimpan kemungkinan kata tidak sepakat yang akan dicapai. Sumber diminta untuk tidak diidentifikasi karena negosiasi bersifat rahasia.

Perlu diketahui, bisnis Logitech dan Plantronics telah mengalami tekanan sebagai akibat dari penawaran baru yang dikembangkan, tak hanya dari pembuat jaringan seperti Cisco Systems Inc, tetapi juga dari perusahaan teknologi raksasa seperti Microsoft dan pemilik Google, yakni Alphabet.

Didirikan pada tahun 1981, Logitech menolak menurunkan penjualan komputer dengan berfokus pada aksesori konsumen yang memperoleh manfaat dari pertumbuhan komputasi awan, seperti game, musik, konektivitas rumah pintar dan konferensi video. Perusahaan yang berbasis di Lausanne memiliki kapitalisasi pasar sebesar US$ 5,6 miliar.

Tahun lalu, Logitech mengakuisisi Astro Gaming dengan $ 85 juta dalam bentuk uang tunai untuk ekspansi di sektor video game.

Plantronics yang berbasis di Santa Cruz, California membuat sistem komunikasi terpadu, headset nirkabel, sistem konferensi, dan beberapa perangkat lunak yang dijualnya untuk bisnis dan konsumen.

Didirikan pada tahun 1961, produk pertama Plantronics adalah headset ringan untuk pilot pesawat. Ini kemudian dikenal untuk menjual headset ke National Aeronautics and Space Administration (NASA), termasuk yang dikenakan oleh Neil Armstrong kala perjalanan di bulan pertamanya pada tahun 1969.

Perusahaan ekuitas swasta Siris Capital Group memiliki 16 persen Plantronics, menjadikannya pemegang saham terbesar. Reuters telah melaporkan awal bulan ini bahwa Plantronics sedang menjajaki penjualan.

Tags: , ,


COMMENTS