April 22, 2018

Nokia Health Masih Diperebutkan Samsung dan Google

Penulis: Okta W | Editor: Desmal Andi
Nokia Health Masih Diperebutkan Samsung dan Google  

Mobitekno – Nokia sepertinya memang memiliki keinginan untuk melepas Nokia Health. Seperti ditulis oleh AndroidAuthority yang mengutip salah satu media lokal asal Perancis, Le Monde bahwa Samsung adalah salah satu perusahaan teknologi yang tertarik untuk membeli Nokia Health. Namun tak sedirian, Samsung juga harus “bidding” dengan Google.

Sekadar informasi, Nokia pada tahun 2016 lalu membeli Withings, startup berbasis kesehatan digital asal Perancis yang fokus pada pasar untuk membuat perangkat kesehatan yang cerdas. Setelah berhasil mengambil alih Withings, Nokia pun langsung mengubah namanya menjadi Nokia Health.

Hingga saat ini, Nokia Health sudah berhasil menciptakan banyak perangkat kesehatan pintar untuk rumahan, termasuk alat-alat untuk mengukur berat dan tinggi tubuh seseorang, sensor tidur serta pelacak aktivitas. Namun, sepertinya perangkat cerdas besutan Nokia tersebut kalah bersaing dengan beberapa produk yang sama yang ada di pasaran.

Nokia sendiri membeli Withings yang akhirnya berubah menjadi Nokia Health seharga US$ 192 juta. Tentu saja, saat ini Nokia menginginkan bisnis kesehatan digitalnya ini dapat dibeli dengan harga yang diinginkan. Layaknya akuisisi sejumlah perusahaan, proses penawaran pun bisa terbilang alot. Ini juga yang terjadi antara Samsung dengan Nokia dan juga Google.

Meskipun Samsung dan Google diperkirakan dalam tahap penawaran, Le Monde juga menyebutkan bahwa ada juga beberapa perusahaan asal Perancis yang berminat untuk membeli Nokia Health. Hal ini dirasakan karena pentingnya sektor kesehatan digital dengan industri artificial intellgent yang lagi marak di Perancis.

Bisa jadi, beberapa perusahaan Perancis yang berminat untuk membeli Nokia Health memiliki visi untuk mengintegrasikan teknologi kesehatan digital yang saat ini sudah ada akan diintegrasikan dengan kecerdasan buatan. Dengan begitu, teknologi ini akan semakin menarik di mata para penggunanya.

Berbicara soal produk atau perangkat berbasis artificial intelligent, Samsung dan Google pun juga bukan perusahaan kemarin sore yang baru mengembangkan teknologi tersebut. Google sudah memiliki produk rumah pintar dari Nest dan Google Home. Sementara itu, Samsung sudah semakin pintar mengembangkan voice assitant Bixby yang juga semakin pintar.

Apakah akhirnya Nokia akan melepas Nokia Healt kepada Samsung atau Google? Atau justru mereka dilepas ke sejumlah perusahaan asal Perancis yang memang memiliki visi yang menarik. Itu semua akan terjawab jika akhirnya Nokia memang sudah melepas secara penuh bisnis kesehatan digitalnya tersebut sesuai dengan harga yang diinginkan.

 

 

Tags: , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES