April 10, 2017

Ingin Terapkan Layar OLED Fleksibel untuk Smartphone Pixel, Google Tawarkan Bantuan ke LG

Penulis: Iwan RS
Ingin Terapkan Layar OLED Fleksibel untuk Smartphone Pixel, Google Tawarkan Bantuan ke LG  

MOBITEKNO – LG, rival Samsung (Samsung Electronics Co Ltd) satu negara dalam industri samrtphone dan layar diketahui telah melakukan kerjasama cukup dekat dengan Google terkait proyek smartphone Nexus.

Kini kerjasama keduanya tampaknya akan diperluas lagi dengan kabar seputar rencana Google untuk menginvestasikan dananya hingga 1 trilliun Won (sekitar U$ 880.29 juta) untuk divisi layar LG.

Dana ini diharapkan dapat membantu LG Display Co Ltd dalam memprouksi mengembangkan layar berteknologi OLED (organic light-emitting diode) yang tidak kalah dari teknologi layar Samsung SAMOLED yang selama ini dianggap cukup superior untuk display smartphone.

Menurut kabar yang dilansir dari Electronic Times ini, dana yang ditawarkan Google tersebut diperuntukkan untuk menjamin produksi layar OLED fleksibel (bendable display) yang dipersiapkan untuk smartphone Google Pixel mendatang.

Salah satu kendala mengaplikasikan layar OLED pada smartphone adalah biaya produksinya yang tinggi. Selain Samsung dengan layar SAMOLED-nya, tidak banyak dijumpai smarpthone premium yang menggunakan layar OLED/AMOLED. Bisa disebutkan beberapa contohnya, seperti Lenovo Moto Z, One Plus 3/3T, Oppo F1 Plus, Xiaomi Mi Note 2, Google Pixel, Meizu MX5, Nokia Lumia 930, dan LG G Flex 2.

Layar fleksibel menjadi salah satu teknologi layar yang bakal menjadi andalan produsen smartphone kelas kakap, seperti Samsung dan Apple. Minggu lalau, Apple bahkan dikabarkan telah melakukan pemesanan 70 juta unit panel layar OLED dari Samsung untuk digunakan sebagai layar iPhone 8.
 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS