April 20, 2018

IIMS 2018 Resmi Bergulir, Jokowi Singgung Soal Revolusi Industri 4.0

Penulis: Rizki Romdoni
IIMS 2018 Resmi Bergulir, Jokowi Singgung Soal Revolusi Industri 4.0  

Mobitekno – Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 resmi bergulir setelah dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4). Suasana hangat menyelimuti ketika Presiden berkeliling booth yang didampingi oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah duta besar negara sahabat, pengurus Gaikindo dan Aisi, pihak Agen Pemegang Merek (APM) mobil maupun sepeda motor, serta perwakilan peserta pameran.

Dalam sambutannya, Jokowi sapaan akrab Joko Widodo banyak menyinggung soal revolusi industri 4.0 yang mulai menyentuh kawasan ASEAN. Tak pelak, menurut Jokowi, Indonesia  sebagai negara besar suka tidak suka harus bersiap melakukan transisi ke arah revolusi industri 4.0.

“Kita mesti siap-siap, karena hal tersebut juga akan merambah ke otomotif,” kata Presiden RI, Joko Widodo dalam sambutannya, Kamis (19/4).

Lalu, apa konsekuensi revolusi industri 4.0 di otomotif? Menurutnya, jumlah komponen otomotif mobil listrik akan meningkat, disamping itu mobil listrik juga jarang mogok. Ke depan, yang namanya bengkel pasti akan berkurang. Apalagi ditambah semakin majunya transportasi umum, baik MRT/LRT, bus TransJakarta, maupun transportasi online.

“Tren-tren semacam ini, yang bilang industri otomotif akan menciut, yang saya tidak percaya,” tegas Jokowi disambut gelak tawa.

Sementara itu, Lilik Oetama selaku Komisaris Utama PT. Dyandra Media International, Tbk dan CEO Kompas Gramedia, mengatakan, “IIMS 2018 menyesuaikan perkembangan zaman dimana era digitalisasi merambah ke ranah kegiatan otomotif,”

“Kami dengan bangga menyatakan bahwa IIMS 2018 adalah pionir pameran otomotif di Tanah Air yang memanfaatkan teknologi digital dalam penyelenggaraannya. IIMS 2018 tidak lagi menggunakan tiket konvensional melainkan digantikan oleh tiket digital atau wristband untuk memberikan kenyamanan dan pengalaman Iebih kepada pengunjung,” kata Lilik.

Lebih lanjut LiIik Oetama mengungkapkan, digitalisasi di IIMS 2018 juga tercermin dari kerja sama dengan dengan Bukalapak sebagai salah satu e-commerce terbesar di Indonesia.

”Dengan menggunakan wristband, pengunjung dapat mengetahui seluruh produk yang dimiliki peserta pameran dan pengunjung dapat melakukan transaksi melalui Bukalapak,” kata Lilik

 

Tags: , , , ,

  • 5
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    5
    Shares

COMMENTS