August 15, 2018

Apple Rancang Chip Kesehatan Khusus untuk Memproses Data Biometrik

Penulis: Rizki Romdoni
Apple Rancang Chip Kesehatan Khusus untuk Memproses Data Biometrik  

Mobitekno – Apple dilaporkan tengah mengerjakan chip khusus untuk kesehatan yang akan membantu pemrosesan data biometrik dari suatu perangkat. Tak hanya chip untuk kesehatan, mengutip CNBC, saat ini perusahaan juga sedang mendesain chip khusus untuk perangkat iPhone dan dikabarkan akan beralih ke prosesor khusus untuk lini komputer Mac pada awal 2020.

CNBC juga melaporkan bahwa daftar pekerjaan baru ini mengindikasikan bahwa Apple ingin melangkah lebih jauh berkaitan dengan data kesehatan dan mengintegrasikan chip khusus yang akan sepenuhnya bertanggung jawab untuk memproses metrik, seperti detak jantung dan membantu meningkatkan efisiensi baterai pada perangkat seperti Apple Watch.

Tim hardware Penginderaan Kesehatan, Apple, mengatakan, “Kami mencari arsitek sensor ASIC untuk pengembangan sensor terbaru ASIC dan sistem penginderaan untuk produk Apple di masa mendatang. Kami menerima  untuk analog serta arsitek ASIC digital,”

Terkait hal ini, apakah Apple hanya ingin mengintegrasikan pelacakan dan fitur pemantauan kesehatan yang lebih baik atau memang tertarik mengembangkan chip khusus yang dapat bekerja bersamaan dengan komponen perangkat keras lainnya belum begitu terang. Yang jelas, chip baru ini nantinya dapat bekerja dengan sensor yang ada atau dengan generasi berikutnya untuk memproses data dengan lebih baik, atau dapat membantu perangkat yang menyertainya menjadi lebih efisien saat mengumpulkan dan menganalisis data tersebut.

Chip A11 Bionic yang ditemukan pada iPhone X dan iPhone 8 mengandung “Neural Engine” khusus yang didedikasikan untuk membantu mempercepat tugas-tugas yang berhubungan dengan kecerdasan buatan seperti FaceID dan Animoji. Sementara, chip baru yang berfokus pada kesehatan dapat direkayasa dengan cara yang sama, karena itu bertanggung jawab untuk tugas-tugas komputasi standar yang berkaitan dengan kesehatan.

Apple Watch generasi berikutnya diperkirakan akan diluncurkan musim gugur ini bersama model iPhone terbaru. Namun melihat ‘pekerjaan’ yang sedang digarap Apple menunjukkan bahwa upaya ini mungkin tidak terwujud dalam bagian yang digunakan untuk produk konsumen beberapa waktu ke depan.

Tags: , , ,

  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

COMMENTS