April 30, 2017

Bang Joni, Chatbot Pionir di Industri Chatbot Komersial

Penulis: Karyo
Bang Joni, Chatbot Pionir di Industri Chatbot Komersial  

MOBITEKNO – Kini, chatting tidak hanya sekedar obrolan biasa atau obrolan iseng pengisi waktu atau sebagai teman virtual saja. Chatting kini bisa dijadikan sebagai sebuah solusi atau aplikasi yang bernilai komersil. Chatting yang kini naik kelas atau yang disebut Chatbot ini,  kini menjadi tren dan bahkan akan menjadi sebuah industri tersendiri.

Seperti halnya Bang Joni, chatbot yang baru saja diluncurkan di Jakarta baru-baru ini, kini bahkan sudah menggandeng  beberapa mitra bisnisnya dari berbagai bidang bisnis. Bahkan Bang Joni sudah memiliki pengguna  lebih dari 400.000, dengan total transaksi  mencapai  32. 224 per April 2017. Beberapa mitra bisnis  Bang Joni yang telah bekerja sama tersebut diantaranya adalah Tiket.com, REX, SkyScanner, Polko, Zomato, UBER, Xtrans, Ayoklik.com, dan lainnya.

Bang Joni yang merupakan produk PT Jualan Online Indonesia, sejatinya adalah merupakan search engine ini adalah merupakan  sebuah layanan atau aplikasi secara real time dari Arificial Intelligence ( AI ). Bang Joni memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence dalam bentuk text yang saat ini tengah booming di industri IT.

Menurut Diatce Harahap (Ache) selaku CEO Bang Joni, chatbot dengan taglinenya ‘Pesennya Cepet, Nggak Pake Ribet’ tersebut merupakan  fitur dan layanan Bang Joni yang mencerminkan definisi yang real dari Artificial intelligence itu sendiri.

“Dengan menawarkan kenyamanan berkomunikasi yang lebih interaktif dan efisien dibandingkan email, SMS atau panggilan suara, pengguna dapat berinteraksi dengan Bang Joni melalui percakapan sederhana yang direspon dengan cepat, personal dan akurat layaknya manusia,” ungkap Ache saat peluncuran Bang Joni di Jakarta, Kamis (27/04/2017).

Lebih jauh Ache mengungkapkan bahwa layanan Bang Joni dapat dikembangkan untuk memberikan fungsi lebih jauh dari sekadar chatting. Bekerjasama dengan sederetan merchant terkemuka, Bang Joni sebagai chatbot komersil di Indonesia adalah teman yang dapat membantu memenuhi berbagai kebutuhan generasi muda dengan cara yang familiar dengan keseharian mereka, yaitu melalui chatting.

Kebutuhan yang dapat dilayani melalui ‘obrolan’ dengan Bang Joni semuanya sangat dekat dengan keseharian generasi muda, antara lain: pemesanan jasa transportasi, pemesanan berbagai kebutuhan traveling (tiket pesawat, hotel dan lain-lain), rekomendasi kuliner favorit, informasi realtime (prakiraan cuaca, info lalu lintas), transaksi online (pembelian pulsa atau token listrik), reminder, layanan penerjemah dan lainnya – seluruhnya tersedia gratis tanpa hidden cost.

Ache juga mengungkapkan bahwa target user yang akan dicapai oleh Bang Joni pada tahun ini sebesar satu juta user. “Kami optimis target user tahun ini akan tercapai,”  tambah Ache optimis.

Menurut Ache, chatbot akan segera menjadi sebuah megatrend yang memiliki pengaruh luas dalam kehidupan masyarakat. Bahkan menurutnya, pasar corporate sudah mulai melirik teknologi ini karena sumber daya yang lebih efisien, formatnya yang interaktif, kecerdasaannya, serta kemampuannya untuk memberikan layanan secara personal, sesuai dengan kebutuhan dan fungsi yang spesifik.

Untuk Bang Joni sendiri, ke depannya menurut  Ache akan menjalin lebih banyak kerjasama dengan merchant lainnya dan menghadirkan fitur interkoneksi layanan antar merchant. Selain itu, keoptimisan Ache tersebut didukung  pula oleh adanya kerjasama eksklusif dengan LINE saat ini.

Menurutnya untuk memberikan kemudahan  sebanyak mungkin bagi pengguna, Bang Joni menjalin kontrak eksklusif dengan aplikasi LINE messenger yang telah memiliki 90 juta pengguna di seluruh Indonesia. “Melalui kerjasama ini, Bang Joni menjadi mitra LINE dalam melahirkan tren baru penyediaan informasi dan transaksi melalui chatbot,” ujarnya.

Dengan dukungan dana sebesar USD2 juta, di awal tahun 2017 , Bang Joni telah di-upgrade ke versi Kelas Dua dengan berbagai peningkatan seperti tampilan yang lebih menarik, chatting yang makin seru dan responsif, jumlah merchant yang lebih beragam, serta kehadiran dompet virtual BJ Pay.

Tags: , ,


COMMENTS