January 30, 2017

Review Huawei P9: Berkat Leica, Smartphone Menjadi Lebih Profesional

Penulis: Desmal Andi
Review Huawei P9: Berkat Leica, Smartphone Menjadi Lebih Profesional  

MOBITEKNO – Huawei P9 sebenarnya sudah hadir di pertengahan tahun 2016 lalu. Namun, di Indonesia, kehadirannya sepat terganjal dengan aturan yang ada di dalam negeri sehingga baru masuk di awal Desember 2016. Tidak terlambat, karena smartphone ini memiliki pasar yang berbeda dengan kebanyakan smartphone berkamera lainnya.

Apa yang membuat pasarnya berbeda? Hal ini karena adanya dua lensa yang berada di bagian belakang. Bukan sekadar menggunakan dua buah lensa, tetapi lensa-lensa tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Huawei dan Leica, brand kamera yang sudah memiliki nama di hati para pencinta fotografi.

Namun, daya tarik smartphone besutan huawei ini tidak berhenti di sisi fotografi saja. Desain yang anggun dengan sudut-sudut yang agak membulat, serta penggunaan desain 2.5D untuk permukaan layarnya, membuat Huawei P9 terlihat modern. Buat ukuran orang Indonesia, ukuran layarnya sudah cukup nyaman digenggam untuk penggunaan sehari-hari. Apa saja kelebihan dari smartphone Huawei P9 ini? Simak ulasannya berikut ini.

Kelengkapan

Redaksi Mobitekno menerima unit Huawei P9 dari PT Huawei Mobile Device Indonesia hanya berupa unit smartphone dan kabel data sekaligus power dengan koneksi USB Type C. Walaupun hanya berupaa handset dan kabel data, sudah cukup bagi Mobitekno untuk mengulas Huawei P9 dengan detail.
Namun jika melihat data dari berbagai website, kelengkapan yang bisa didapat dalam paket Huawei P9 adalah sebagai berikut:
1.    Handset Huawei P9
2.    Buku panduan penggunaan
3.    Buku garansi
4.    Kabel data USB Type C untuk proses transfer dan pengisian daya
5.    Adaptor dari AC-DC
6.    Headphone untuk mendengarkan file-file multimedia.

Desain

Smartphone Huawei P9 dengan warna putih (ceramic white)  di bagian depan memiliki lekuk yang indah di setiap sudut-sudutnya. Layarnya yang berukuran 5,2 inci sudah mengadopsi juga lapisan kaca Gorilla glass sehingga tidak mudah pecah jika terkena benturan. Smartphone ini juga memiliki ruang yang seimbang di sisi atas dan bawah layarnya.

Di bagian atas layar, terdapat kamera depan berkemampuan 8 MP dengan bukaan f/2.4. Sementara di bagian belakang dual lens Leica bertengger di pojok kiri atas. Kedua lensa berkemampuan 12 MP f/2.2 ini ditemani dengan dual tone flash yang amat terang untuk membantu pencahayaan di malam hari. Salah satu lensa yang digunakan merupakan lensa monokrom yang dapat membuat objek hitam-putih dengan sempurna.

Masih di bgian depan, speaker ada di bagian atas, seimbang dengan sisi kiri dan kanan untuk mendengarkan percakapan saat digunakan bertelepon. Sementara di bagian bawah, tertulis brand Huawei dengan jelas. Huawei P9 tidak menggunakan sistem sidik jari di depan layar, sehingga layar depan terlihat polos tanpa adanya home button atau pemindai sidik jari.

DI sisi bawah terdapat port USB Type C untuk proses pengisian daya dan transfer data. Keberadaannya diapit dengan port audio 3,5 dan speaker untuk mendengarkan file multimedia. Lubang kecil untuk mikrofon juga ada di antara port USB dan audio.

Beralih ke bagian samping kiri (jika handset diposisikan menghadap ke atas). Tidak ada tombol apapun di sini. Yang ada hanya slot untuk peletakan kartu SIM. Colok dengan pin yang sudah disediakan pada lubang yang berada di samping slot untuk mengeluarkan casing untuk kartu SIM. Slot ini memiliki model hybrid sehingga bisa digunakan dalam dua pilihan, yaitu dua-duanya diisi kartu SIM, atau satu untuk kartu SIM dan lainnya untuk memori tambahan Micro SD. Anda harus memilih salah satu diantara kedua pilihan tersebut.

Kini ke bagian satunya lagi, yaitu sisi kanan. Di bagian ini baru terlihat adanya dua tombol. Yang agak panjang merupakan tombol volume dan stunya lagi adalah tombol power. Baik di sisi kanan, atas, bawah, atau kiri, semuaanya dibalut dengan bezel berwarna silver yang tidak licin.

Sekarang kita lihat di bagian belakang. Di sinilah terlihat kemampuan utaa smartphone Huawei P9 ini, yaitu dual lens dari Leica. Brand Leica tercetak jelass di bagian kanan atas. Sementara di sisi dual lens terdapat juga LED flash yang cukup terang membantu pencahayaan saat digunakan di suasana kurang cahay.

Pemindai sidik jari ada di bagian tengah. Dengan bentuk menyerupai bujur sangkar dengan tepi melengkung, pemindai sidik jari ini dapat bekerja dengan pintar. Tanpa perlu menekan terlalu lama sidik jari Anda di pemindai tersbut, sistem sudah langsung mengenalnya dan menjalankan perintah yang sudah diintegrasikan ke fungsi sidik jari.

Menariknya, Huawei P9 menggunakan teknologi virtual triple antenna sehingga di posisi apapun pengguna memegang sisi handset, signal dari operator tetap bisa ditangkap.  Antenna 1 terletak di bagian atas. Sementara antenna 2 dan 3 aada di bagian bawah.

Fitur

Ada banyak fitur yang dieluarkan Huawei untuk smartphone flagship ini. Selain dual lens dari Leica untuk kebutuhan dunia fotografi, masih ada banyak fitur yang bisa ditemukan di dalamnya. Salah satunya adalah fungsi Fingerprint. Fitur ini cukup sensitif dalam mengenal sidik jari penggunanyaa. Jadi, hanya dengan sedikit sentuhan, sistem sudah mengenal sidik jari kita, walau dalam berbagai posisi.

Fitur lainnya yang bisa ditemukan adalah fungsi Fast Charging. Baterai Huawei P9 yang berkapasitas 3.000 mAH ini bisa diisi ulang dengan cepat berkat kemampuan fast charging yang ada di dalamnya. Prosesor Kirin 955 memang mendukung fitur ini. Dalam waktu 30 menit, baterai sudah bisa terisi lebih dari 40 persen. Dengan demikian, smartphone pun bisa langsung digunakan untuk aktivitas pengguna yang sibuk.

Smartphone ini menggunakan prosesor buatan sendiri, yaitu Huawei Kirin 955 64-bit, Octa Core (4 x 2.5 GHz A72+ 4 x 1.8 GHz A53). Sistem operasi yang digunakan adalah Android 6.0 Marshmellow. Memori berkapasitas 3 GB dengan storage internal 32 GB. Dengan spesifikasi hardware seperti ini, Huwei P9 bisa menjalankan berbagai aplikasi dan game dengan lancar.

Untuk kenyamanan penggunanya, Huawei juga mengintegrasikan berbagai sensor di dalamnya, seperti G-Sensor, Gyroscope sensor, Compass, Ambient Light Sensor, Proximity sensor, dan Hall effect sensor. Semua kemampuan tadi dibalut dengan User Interface EMUI 4.1 yang mudah dioperasikan.

Dari sisi aplikasi, Huawei P9 juga menyertakan aplikasi olahraga yang dapat mencatat berapa langkah penggunanya berjalan dan berktivitas setiap saat. Fungsi ini mirip dengan fungsi yang ada pada wearable device.

Spesifikasi

Sebagai smartphone flagship, Huawei P9 tentunya membawa spesifikasi hardware yang mumpuni. Dengan prosesor Kirin 955, pengguna bebas memainkan berbagai game atau menjalankan banyak aplikasi tanpa perlu ada hambatan. Selain itu, memori yang 3 GB sudah memberikan ruang yang lega untuk berbagai keperluan.

Berikut ini spesifikasi penting yang ada di smartphone huawei P9:

Layar  5.2″ FHD Screen, 2.5D 1080p
(1920 x 1080)
Sistem Operasi  Android 6.0 Marshmellow
Chipset  HiSilicon Kirin 955
Prosesor  Octa-core (4×2.5 GHz Cortex-A72 & 4×1.8 GHz Cortex-A53)
GPU  Mali-T880 MP4
Kamera  Dual 12 MP, f/2.2, 27 mm, Leica optics, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash, (belakang); 8 MP, f/2.4, 1080p (depan)
RAM  3 GB
Storage  32 GB (internal), microSD
Jaringan  GSM/HSPA/4G LTE
Kartu SIM  Single SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Komunikasi & Fitur  Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, DLNA, WiFi Direct, hotspot, Bluetooth® v 4.0, GPS
Dimensi  145 x 70.9 x 7 mm (5.71 x 2.79 x 0.28 in)
Warna  Ceramic White, Haze Gold, Rose Gold, Titanium Grey, Mystic Silver, Prestige Gold, Red, Blue
Sensor  Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
Baterai  3.000 mAh Lihitum-ion

 

Kesimpulan

Smartphone ini memiliki berbagai keunggulan, terutama dari sisi fotografi. Dengan paduan kamera monokrom dan RGB, objek yang ditangkap bisa begitu detail. Bahkan, efek-efek seperti yang ada di kamera DSLR bisa diterapkan di Huawei P9.

Ingin efek bokeh, Anda bisa memanfaatkan fungsi dual kamera. Apperture bisa dimainkan sesuai keinginan Anda, bahkan walau Anda sudah menangkap gambar terlebih dahulu. Objek yang akan diperjelas bisa Anda tandai dan diatur level apperture-nya untuk mendapatkan efek bokeh di sekelilingnya.

Ingin mendapatkan hasil foto hitam putih? Gunakan fitur monokrom. Dengan fitur ini, hasil hitam-putih yang didapat akan seperti jepretan pada kamera DSLR. Ada banyak fungsi kamera yang bisa digunakan dengan Huawei P9.

Tidak hanya untuk fotografi, Huawei P9 bisa digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari penggunanya. Menyusun dokumen, membagi file, hingga melakukan aktivitas cloud bisa dilakukan dengan nyaman di Huawei P9. Semua ini berkat spesifikasi hardware yang cukup tinggi dari Huawei. Jadi, dengan kata lain, Huawei P9 tidak hanya bisa dijadikan teman setia saat melakukan jalan-jalan, tetapi juga untuk menunjang aktivitas rutin sehari-hari.  (ADV)

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS