April 28, 2017

Usung Virtual Cockpit Canggih, Audi Luncurkan All New A5 Coupe Seharga Rp 1,3 Miliar

Penulis: Iwan RS
Usung Virtual Cockpit Canggih, Audi Luncurkan All New A5 Coupe Seharga Rp 1,3 Miliar  

MOBITEKNO – PT Garuda Mataram Motor (GMM) yang menjadi APM (Agen Pemegang Merek) Audi di Indonesia juga ikut ambil bagian di pameran otomotif terbesar di paruh pertama 2017, IIMS 2017, JIExpo,Kemayoran, Jakarta. 

Hari pertama (27/4/2017) pameran otomotif yang berlangsung hingga 7 Mei 2017 ditandai GMM (perusahan di bawah Indomobil Group) dengan meluncurkan sedan dua pintu terbarunya, The All New Audi A5 Coupe.

Mobil berdesain sportif tapi tetap menjaga kesan elegan ini akan dipasarkan seharga Rp 1,3 miliar (OTR/On The road). The All New Audi A5 Coupe dilengkapi dengan mesin turbo TFSI 2.000 cc yang diklaim dapat menghasilkan tenaga hingga 252 HP dan torsi 370 Nm.

Tenaga yang dihasilkan mesin didistribusikan ke empat rodanya dengan dukungan teknologi All-wheel Drive (AWD) Audi Quattro dengan transmisi otomatis S-Tronic 7 percepatan (7-Speed). Dengan tenaga dan torsinya tersebut, Audi A5 Coupe diklaim dapat melakukan akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 6,5 detik.

""

""

""

Sudah pasti Audi tidak lupa menghadirkan berbagai kenyamanan berkendara dengan berbagai fitur, uatamanya layar 12,3 inci yang disebut Virtual Cockpit dan suspensi baru five link untuk mendukung pengendalian kemudi yang lebih presisi dan responsif.

Khusus pada layar Virtual Cockpit yang berada tepat di hadapan pengendara (pengemudi), pengendara Audi A5 Coupe dapat mengakses beragam informasi. Ragam informasi tersebut ditampilkam melalui menu berdesain multi-tab (5 tab). Kelima tab antara lain, informasi standar mobil (speed, driver assist, dll), peringatan (alert info), infotainment control (AV player, FM/AM radio), smartphone control (CarPlay), dan GPS/peta nagivasi.

""

""

""

Virtual Cockpit (diperkuat oleh prosesor/chip buatan Nvidia) di satu sisi bisa menampilkan beragam informasi lengkap. Namun, di sisi lain, juga dapat memberikan kesan 'njelimet' dan menggangu konsentrasi pengendara saat mengemudi mobil.

Untungnya, Audi juga sudah menyadari hal tersebut. Ukuran display (tampilan) interface, misalnya pada tab 'infotainment control' atau peta navigasi dapat diperkecil untuk memberikan 'ruang' bagi dua grafis lingkaran (speedometer dan tachometer) yang dapat diperbesar ukurannya agar terlihat seperti tampilan dashboard standar.

Selain tampil di Virtual Cockpit, peta navigasi. infotainment control, atau tampilan lainnya juga dapat ditampilkan di layar kedua yang berada di tengah-tengah dasboard. Layar kedua ini berguna untuk dikontrol baik oleh pengendar atau penumpang yang berada di samping pengedara.

Desain eksterior baru Audi A5 Coupe dari para desainer Audi di Inglostadt, Jerman (pusat pabrik Audi) membuatnya tetap tampil sportif tapi tetap konsisten dengan nuansa elegan khas mobil jenis Coupe mewah.

Fasilitas kabin yang canggih juga ditekankan oleh Andrew Nasuri, CEO PT Garuda Mataram Motor yang menyatakan bahwa kehadiran The All New Audi A5 Coupe ini Audi untuk memberikan opsi sebuah mobil sport coupe dengan kenyamanan khas Audi sekaligus menghadirkan mobil berdesain elegan dengan performa andal dan teknologi mutakhir.

Audi menyediakan 11 pilihan warna Audi A5 Coupe terbaru seharga Rp 1,3 miliar ini untuk pasar Indonesia. Sudah pasti target yang disasar GMM adalah konsumen kelas atas yang menginginkan sedang dua pintu berdesain menwan, performa mesin andal, dan teknologi kabin yang mutakhir. Pesaingnya juga tidak jauh-jauh, yaitu produsen satu negara (Jerman), seperti BMW dan Mercedes Benz.

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS