November 27, 2017

Singapura Siap Uji Layanan Transportasi Umum Driverless

Penulis: Desmal Andi
Singapura Siap Uji Layanan Transportasi Umum Driverless  

MOBITEKNO – Jika di Indonesia, transportasi Trans Jakarta baru mengkaji penggunaan bus bertenaaga listrik, di negara tetangga, yaitu Singapura justru sudah mulai menguji coba layanan bus tanpa supir (driverless). Penggunaan bus dan moda transportasi umum lainnya yang bisa melaju dengan sendirinya, bagi Singapura merupakan solusi transportasi di masa depan. Oleh sebab itu, Singapura sudah siap menguji layanan driverless ini seperti untuk shuttle bus, taksi, hingga autonomous bus untuk transportasi umum.

Namun, pengujian akan dilakukan pada waktu-waktu jam tidak sibuk (off peak) agar tidak mengganggu mobilitas pekerja di negara tersebut.

Menteri Transportasi Singapura,  Khaw Boon Wan, sudah mengumumkan bahwa pada tahun 2022, Singapura diharapkan sudah bisa memperluas layanan bus otomatis mereka untuk mencakup berbagai area lingkungan.

“Kami berharap kendaraan otomatis dapat meningkatkan aksesibilitas dan konektivitas sistem transportasi umum, terutama untuk kebutuhan keluarga maupun orangtua. Hal yang sangat penting, kami dapat memperoleh wawasan lebih jauh tentang bagaimana kita bisa mengambangkan kota baru atau memperbaiki kota untuk mengembangkan sistem transportasi berbasis kendaraan otomatis ini,” kata Khaw Boon Wan, seperti dikutip dari Ubergizmo.

Guna mendukung sistem transportasi masa depan yang bebas masalah, Singapura bahkan baru saja mengumumkan untuk berhenti menambah kapasitas mobil baru di jalan raya mereka pada tahun depan. Selanjutnya, mereka akan menerapkan aturan baru untuk bus otomatis di tahun 2021. Dengan demikian, dengan semakin banyaknya bus otomatis tanpa supir ini bisa menambah tingkat efisiensi dan dapat membantu mengurangi kendaraan atau bus konvensional lainnya di masa depan.

Tags: , ,


COMMENTS