October 25, 2016

Ini Pertimbangan LG untuk Tidak Lagi memilih Desain Modular pada Smartphone G6 Mendatang

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Ini Pertimbangan LG untuk Tidak Lagi memilih Desain Modular pada Smartphone G6 Mendatang  

MOBITEKNO – LG mengampil keputusan berani dengan menwarkan inovasi modular pada smartphone flaghsip-nya tahun, LG G5. Dengan beragam modul aksesorinya (disebut LG Friends), LG berharap konsumennya akan loyal pada produk smartphone-nya dan tidak berpaling pada merek lainnya.

Sayangnya, berjalan sendirian dengan standar modular proprietary tampakanya tidak mudah bagi LG. Kabarnya, produsen asal Korea Selatan ini tidak lagi menganut desain modular pada smartphone flagship-nya mendatang, LG G6. LG sepertinya berkaca pada Google yang akhirnya membatalkan proyek platform smartphone modularnya, Project Ara.

""

Sebelumnya sempat beredar kabar, LG G6 akan tetap mengikuti desain modular dari LG G5. Namun, berdasarkan kabar dari media lokal ET News, LG justru menpuh jalur sebaliknya dan memutuskan tidak menerapkan desain modular pada G6.

Laporan konsumen G5 sejauh ini sepertinya menjadi pertimbangan penting bagi LG. Hingga kini, pengguna G5 belum melihat tertarik atau melihat adanya kebutuhan mendesak untuk modul aksesori LG, seperti kamera (LG Cam Plus dan LG 360 cam) dan sistem audio (Hi-Fi Plus B&O).

Sebagai akibatnya, modul ‘LG Friends’ pun tidak mendapat sambutan positif di pasar. Jangankan aksesorinya, smartphone G5 sendiri juga disimpulkan tidak sukses di pasaran. Beberapa alasan dianggap menjadi biang keladi gagalnya G5 di pasaran. Menurut ET News, salah satu penyebabnya adalah masalah manufaktur atau produksi smartphone flasghisp tersebut.

Alasan kedua yang menjadi pertimbangan LG untuk tidak lagi meneruskan desain modular pada LG adalah rendahnya minat produsen/developer pihak ketiga (third party) untuk ikut serta mengembangkan aksesori inovatif lainnya untuk G5. Dengan rendahnya animo dari piha lainnya tersebut, LG pun menyadari desain modular bukanlah suatu 'killer feature' yang bisa menarik konsumen.

Keputusan untuk tetap mendukung atau sebaliknya tidak lagi mendukung modular desain merupakan pilihan yang sukar bagi LG. Ada kekhawatiran, jika LG tidak lagi menyediakan dukungan modular pada G6 justru akan membuat konsumen setianya, terutama pengguna G5 akan kecewa dan menjadi tidak loyal. Selain LG, konsep modular juga diterapkan produsen Lenovo pada smartphone premium Motorola Moto Z series dengan mengahdirkan modular Moto Mods.
 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES