May 12, 2017

LG Bantah Ikutan Buat Google Pixel 3 Tahun Depan

Penulis: Iwan RS
LG Bantah Ikutan Buat Google Pixel 3 Tahun Depan  

MOBITEKNO – LG (LG electronics) membantah kabar terbaru yang menyatakan keikutsertaan mereka dalam pembuatan smartphopne mendatang Google tahun depan, Pixel 3. Meskipun Pixel 2 (kemungkinan dibuat Google bersama HTC) belum juga hadir tahun ini, kabar mengenai Pixel 3 sudah mulai diperbincangkan beberapa pihak.

Seperti yang dilansir dari Android Authority, LG membantah berita yang pertama kalinya dilaporkan oleh media lokal Korea tersebut. Menurut laporan ini, Google telah menunjuk LG untuk bekerja sama dalam produksi samrtphone Pixel yang akan dirilis tahun depan (Pixel 3). Seperti kebiaaan Google tahun-tahun sebelumnay, Pixel 3 dijadwalkan akandiumumkan pada paruh dekua 2018.

Kabar ini bukannya tanpa alasan sama sekali. Sebelumnya, Google telah tiga kali bermitra dengan LG untuk membuat smartphone Google Nexus, dimulai dari Nexus 4 (2012) dan Nexus 5 (2013) lalu dilanjutkan dua tahun kemudian dengan merilis Nexus 5X.

Selain smartphone, hubungan erat keduanya juga dilanjutkan di perangkat wearable. LG Watch Sport dan LG Watch Style menjadi salah satu produk smartwatch penting untuk memperkenalkan teknologi platform wearable OS Google, Android Wear saat Samsung lebih lebih tertarik memakai platform OS smartwatch sendiri, yaitu Tizen.

Selain kedekatan di dua segmen tadi (smartphone dan smartwatch), Google pun dikabarkan telah mengucurkan investasi cukup besar ke LG (1 trillion won) untuk mengamankan pengembangan panel layar OLED buatan LG.

Investasi di LG ini perlu dilakukan Google untuk mengantisipasi kurangnya pasokan global komponen panel layar OLED yang umumnya didominasi oleh panel Samsung. Panel Samsung sendiri umumnya lebih diprioritaskan untuk layar samrtphone Galaxy dan iPhone.

Tags: , , , , ,


COMMENTS