December 20, 2016

Opsigo, Bantu Agen Travel Konvensional Jualan Tiket Perjalanan Secara Online

Penulis: Eko Lannueardy
Opsigo, Bantu Agen Travel Konvensional Jualan Tiket Perjalanan Secara Online  

MOBITEKNO – Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) menyatakan terdapat 7.000 perusahaan travel yang telah terdaftar di Indonesia pada tahun 2016, meningkat 75% dibandingkan tahun 2013 dengan 4.000 perusahaan. Pesatnya pertumbuhan ini mendorong perusahaan travel untuk meningkatkan efisiensi kegiatan operasional perusahaan agar dapat menjaga tingkat persaingan usaha. 

Melihat hal itu, PT Reka Sinergi Pratama perusahaan penyedia layanan TI, secara jeli memanfaatkan kecepatan laju bisnis ini dengan menawarkan solusi yang dapat membantu perusahaan travel di Tanah Air dalam mentransformasikan bisnis secara digital dengan memperkenalkan Opsigo.

Opsigo merupakan online booking tools untuk mengintegrasikan data dari berbagai vendor biro perjalanan seperti airlines, hotel, car rental, paket tour, dan lain sebagainya. Tools ini juga menjadi solusi bagi biro perjalanan konvensional yang ingin bertransformasi menjadi Online Travel Agent (OTA) tanpa perlu membangun sistem online booking tools sendiri.

Edward Nelson Jusuf, CEO PT Reka Sinergi Pratama mengatakan, "Industri travel merupakan industri kedua tertinggi yang menerapkan teknologi di dalam bisnisnya, setelah finansial dan perbankan. Untuk mengurangi ketergantungan proses kerja tenaga ticketing, kami memiliki solusi teknologi yang mengadopsi sistem online booking tools."

Tak kalah menarik, Opsigo pun ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau, sekalipun bagi biro perjalanan berskala kecil. Dengan penggunaan sistem ini, biro perjalanan dapat melayani calon penumpang dengan lebih cepat karena proses pembuatan reservasi langsung dilakukan dalam satu sistem tanpa perlu membuka website airlines satu per satu. 

Untuk perusahaan yang lebih kecil dapat menggunakan Opsigo Lite dengan biaya bulanan sebesar Rp2.000.000,- (di dalamnya sudah termasuk 500 transaksi ticketing). Sedangkan untuk skala bisnis yang lebih besar dapat menggunakan Opsigo dengan biaya bulanan sebesar Rp3.000.000,- (di dalamnya sudah termasuk 1.000 transaksi ticketing). 

Adapun Opsigo memanfaatkan teknologi komputasi awan Microsoft Azure sebagai mesin virtual (Virtual Machine) untuk memproses setiap transaksi serta menyimpan data transaksi. Microsoft Azure memberikan kemampuan skalabilitas yang sangat fleksibel di mana proses auto scale akan disesuaikan dengan banyaknya jumlah transaksi yang dilakukan. 

"Di saat transaksi sedikit, server pun akan melakukan optimalisasi dengan mengurangi kemampuannya. Di saat transaksi meningkat, kemampuan komputasi akan meningkat sejalan dengan kapasitas yang diperlukan. Dengan demikian, biaya operasional kami dapat ditekan secara optimal," ungkap Edward.

Hingga saat ini, Opsigo telah dipakai oleh lebih dari 30 agen travel terkemuka, di antaranya adalah Antavaya, Bayu Buana, Golden Rama, dan Golden Nusa. Sebagai pionir penyedia aplikasi online booking tools bagi biro perjalanan, perkembangan bisnis PT Reka Sinergi Pratama sangat signifikan.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS