November 18, 2016

Samsung Soundbar HW-K950: Hadirkan Suara Menggelegar Dolby Atmos Tanpa Kerumitan Instalasi Kabel

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Samsung Soundbar HW-K950: Hadirkan Suara Menggelegar Dolby Atmos Tanpa Kerumitan Instalasi Kabel  

MOBITEKNO – PT Samsung Electronics Indonesia (SEI) belum lama ini (14/11/2016) memperkenalkan produk home theater speaker berjenis sound bar, yakni Soundbar HW-K950. Selain desainnya yang minimalis, Soundbar HW-K950 punya dua keunggulan utama, yakni dukungannya pada teknologi audio Dolby Atmos dan wireless rear speaker (via koneksi Wi-Fi).

Dolbi Atmos merupakan format surround sound terbaru yang pada intinya membuat pendengar seperti berada di tengah-tengah adegan film, konser, atau lainnya. Suara yang dihasilkan speaker dengan sertifikasi Dolby Atmos seolah-olah bersumber dari berbagai arah dan dinamis. Misalnya saja suara helikopter yang terbang dari atas dan perlahan-lahan menghilang atau suara obyek yang bergerak lainnya.

""

Ini semua berkat kemampuan multi kanal yang diusung Soundbar HW-K950 dengan konfigurasi 5.1.4. Samsung Soundbar HW-K950 memiliki sistem saluran 5.1.4 dengan 15 speaker yang terdapat pada set speaker utama (speaker bar), satu subwoofer, dan dua speaker belakang nirkabel yang memudahkan proses instalasi unitnya.

Harris Pranata Wijaya, ‎Product Marketer SEI menyatakan, “Perkembangan Pay TV dan layanan Video on Demand (VOD) mendorong konsumen mencari produk home entertainment yang memukau, termasuk kualitas suaranya.”

“Samsung memahaminya dan menghadirkan Samsung HW-K950 dengan teknologi Dolby Atmos, konfigurasi sistem saluran 5.1.4, dan wireless rear speaker untuk menghadirkan perangkat Audio Video yang memberikan pengalaman menonton lebih dramatis,” tambah Harris.

Berdasarkan data Future Source Juni 2016, permintaan speaker soundbar di negara berkembang, termasuk di Indonesia, telah melebihi permintaan terhadap perangkat home theater sebesar 24 persen. Permintaan terhadap soundbar diprediksi masih terus terus berkembang hingga 23 persen dalam 2 tahun mendatang. 

Satrio Budiono, sound designer yang disegani di tanah air, turut berkomentar, “Sebagai insan perfilman di bidang sound engineering, teknologi Dolby Atmos pada Samsung Soundbar HW-K950 membuat sebuah film bisa dinikmati dengan pengalaman audio yang lebih dramatis seperti dalam teater bioskop.”

“Sebagai penikmat film, Soundbar HW-K950 menjadi alternatif menarik untuk menghadirkan home entertainment dengan kualitas suara terbaik di kelasnya dan praktis berkat rear speaker dan subwoofer-nya yang nirkabel.”

""

Apa pendapat Satrio mengenai karakter suara dari Soundbar HW-K950 ini? Singkatnya, speaker yang didesain oleh Samsung Audio Labs di California ini memiliki karakter suara cukup Hollywood karena lebih nge-bass dan lebih bertenaga dibanding seri terdahulu. Di samping itu, adanya amplifier tersendiri pada masing-masing speaker membawa keuntungan dimana driver-nya idak akan pernah kehilangan tenaga.

Setiap speaker Soundbar HW-K950 dilengkapi dengan teknologi Dolby Atmos, berupa speaker yang ‘menembakkan’ suara ke atas, sehingga memberikan pengalaman audio yang bergerak tiga-dimensi untuk menghadirkan sensasi yang lebih nyata.

Soundbar HW-K950 dengan daya 500 Watt (RMS) juga dilengkapi teknologi wide-range inverted-dome tweeter sehingga konsumen bisa menikmati kualitas suara yang sama tanpa terpengaruh oleh dimana posisi duduknya. Melalui teknologi ini, sirkulasi suara dalam ruangan memungkinkan nuansa suara layaknya di bioskop. 

Rekan-rekan media juga berkesempatan mendengarkan langsung kualitas tata suara Dolby Atmos yang dihasilkan dari Soundbar HW-K950. Ada dua film yang yang digunakan untuk demonya, yaitu film ‘Man of Steel (2013)’ dan ‘Mad Max: Fury Road (2015)’. Sebagai pembanding, film juga diputar pada speaker soundbar Samsung lainnya yang belum mengusung teknologi Dolby Atmos.

Dari hasil ‘uji dengar’ antara kedua speaker tersebut (soundbar HW-K950 dengan Dolby Atmos dan soundbar non-Dolby Atmos), cukup jelas terdengar perbedaan suaranya. Detail suara (pecahan kaca, benturan obyek, dan lain-lain) yang ditimbulkan dari adegan adu jotos antara Superman dan tim General Zod, terdengar lebih jelas pada soundbar HW-K950. 

""

Untuk membuktikan output audio yang bergerak tiga-dimensi dan memberikan sensasi lebih nyata, film ‘Mad Max: Fury Road (2015)’ menjadi giliran uji dengar berikutnya. Sensasi kejar mengejar antara mobil di tengah gurun terasa lebih intens karena hadirnya suara yang datang dari berbagai kanal dari multi speaker-nya.

Menurut pihak Samsung, agar hasilnya optimal, soundbar HW-K950 idealnya digunakan di ruangan berukuran sekitar 5 x 5 meter (p x l) dan ketinggian ruangan sekitar 3 meter. Adapun ukuran diagonal layar TV idealnya sebaiknya di antara 65 inci hingga 88 inci.

Samsung Soundbar HW-K950 akan dibanderol seharga Rp 15 juta dengan target konsumen penggemar home theater premium. Mengingat adanya dukungan teknologi Dolby Audio dan wireless rear speaker, harganya sedikit di atas rata-rata produk speaker soundbar yang umumnya berkisar Rp 10 jutaan.

Spesifikasi Samsung Soundbar HW-K950:

  • Daya: 500 Watt (RMS)
  • Speaker: Soundbar, 2x rear surround (wireless), subwoofer
  • Surround Sound: Dolby Atmos (5.1.4-channel), Dolby TrueHD, Dolby Digital.
  • Bluetooth: Yes
  • Wi-Fi: Yes
  • Konektivitas: 2x HDMI 2.0 input, HDMI output (ARC), optical audio input, 3.5 mm audio input
     
Tags: , , ,


COMMENTS