July 18, 2016

Pabrik Ford Gunakan Co-bot Untuk Bekerja Dengan Manusia

Penulis: Abdillah
Pabrik Ford Gunakan Co-bot Untuk Bekerja Dengan Manusia  

MOBITEKNO – Penggunaan teknologi robot di industri manufaktur seringkali bisa menggantikan peran manusia. Namun, berbeda dengan Co-bots, teknologi robot ini justru dirancang untuk bekerja dengan manusia dibanding menggantikannya. Co-bot sudah digunakan oleh pabrik Ford Fiesta di Cologne, Jerman.

Apa itu Co-bot? Co-bot merupakan sebuah robot yang akan bekerja dengan manusia sebagai rekan untuk menyelesaikan tugas apa pun. Lebih khusus lagi, di pabrik Ford, Co-bot ini digunakan untuk membantu memasang peredam kejut. Co-bot ini berbentuk seperti lengan manusia. Robot ini dapat membantu pekerja mengangkat dan memasang bagian berat ke mobil.

Yang harus dilakukan semua pekerja cukup menekan tombol untuk memverifikasi shock di tempat yang tepat dan mesin akan memasangnya. Co-bot ini dikembangkan oleh produsen robot Jerman, KUKA Roboter, yang akan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah bagi pekerja. Tidak hanya itu, kelebihan lain dari robot ini dapat diprogram untuk melakukan banyak tugas lain.

Menginstalasi shock mungkin hanya awal dari apa yang dicoba Ford untuk Co-bot. Ke depannya mungkin akan ada pekerjaan lain yang bisa dilakukan di robot lengan ini. Apalagi jika kehadirannya dapat diterima dengan baik oleh para pekerja pabrik yang akan membantu meringankan pekerjaan mereka.

 

Tags: , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES