January 7, 2017

Tidak Hanya Google, Cortana, dan Siri, Alexa Juga Dibidik untuk Dipasang di Kabin Kendaraan

Penulis: Desmal Andi
Tidak Hanya Google, Cortana, dan Siri, Alexa Juga Dibidik untuk Dipasang di Kabin Kendaraan  

MOBITEKNO – Asisten virtual untuk menemani perjalanan dengan mbil pintar sepertinya akan banyak membantu pengemudi dalam melakukan perjalanan di masa depan. Oleh sebab itu, Google, Siri, dan Cortana menjadi teknologi yang akan dibenamkan oleh benayak produsen mobil pintar, terutama mobil otonom. Namun, ternyata tidak hanya tiga pemain itu saja yang dibidik perusahaan otomotif, Alexa dari Amazon juga sudah menjadi target untuk dipasang di dashboard kendaraan untuk menjadi asisten virtual bagi pengemudi.

Ford yang pertama berencana untuk memasang Amazon Alexa ke dalam sistem infotainment miliknya. Selanjutnya, tidak lama kemudian, Volkswagen juga menginformasikan hal yang sama, yaitu membawa Alexa ke kendaraaan untuk membuat pengalaman baru bagi para pemilik Volskwagen.

Untuk penggunaan Alexa ini, Volkswagen ingin memadukannya dengaan perangkat sistem infotainment yang sudah ada. Perusahaan ini akan mengintegrasikan fitur Tap to talk di dalam Head Unitnya. Jadi, dengan sekali tekan pada sebuah tombol, pemilik dan pengemudi Volkswagen dapat memulai Alexa dan bisa segera melakukan berbagai hal, seperti mengendalikan smart home dari jarak jauh, memutar musik, menangani berbagai notifikasi, hingga mengatur jadwal penggantian suku cadang kendaraan di bengkel resmi.

Tidak sampai situ, Volkswagen juga akan mengembangkan lebih lanjut sehingga Alexa dapat memeriksa tingkat bahan bakar yang tersisa, menentukan navigasi untuk rute perjalanan, dan masih banyak lagi. Uniknya, fungsi kontrol ini juga dapat dilakukan melakukan device lain yang sudah menggunakan Alexa, seperti Amazon Echo, Echo Dot, Echo Dot, hingga Echo Tap, sehingga pemilik dapat memeriksa status dan keadaan mobil sebelum keluar dari garasi.

Sumber: Uber Gizmo

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS