July 19, 2016

Roadmap Intel NUC Ungkap Kehadiran Prosesor Intel Core 7th-gen Terbaru

Penulis: Abdillah
Roadmap Intel NUC Ungkap Kehadiran Prosesor Intel Core 7th-gen Terbaru  

MOBITEKNO – Berdasarkan bocoran roadmap NUC (Next Unit of Computing) baru-baru ini, Intel diketahui akan melakukan sejumlah upgrade PC SFF-nya (small-form-factor) dengan komponen hardware (board, CPU, dll) dalam dua tahun mendatang ini.

Dari roadmap (agenda rilis produk mendatang) ini, para konsumen yang berniat mengganti PC desktop lamanya dengan PC mini, seperti NUC, akan dapat memilih beragam konfigurasi hardware sesuai kebutuhan kerjanya.

Sebut saja Intel NUC yang menawarkan performa tinggi dengan chip Intel Core 7th-gen (menggantikan seri NUC dengan prosesor Skylake) hingga Intel NUC yang hemat energi dengan chip Intel Celeron dan Pentium (menggantikan chip Intel Braswell sebelumnya).

Apabila awalnya banyak kalangan menilai kehadiran NUC merupakan respons Intel terhadap Apple Mini, seiring waktu ternyata diketahui latar belakangnya bukan sekadar meghadirkan PC mini alternatif Apple Mini saja. Selain menghadirkan serangkaian lini NUC untuk beragam kebutuhan komputasi, Intel pun diketahui menawarkan motherboard 4×4 inci (mirip motherboard di dalam NUC) yang dijual terpisah bagi para pengguna DIY sebagai alternatif board mini Raspberry Pi.

Dengan akan semakin maraknya berbagai jenis perangkat/device yang akan hadir di era IoT, Intel melihat adanya potensi pasar baru yang besar bagi prosesornya di tengah-tengah lesunya permintaan pasar PC desktop dan notebook.

Menurut roadmap, Intel akan menghadirkan prosesor Celeron untuk PC pada kuartal keempat 2016 nanti dengan model yang dinamakan Arches Canyon. Sedangkan prosesor Intel Core 7th-gen, yaitu Intel i7 Baby Canyon sepertinya baru tersedia di awal.

Sementara itu, Intel diketahui juga masih akan meneruskan produksi NUC dengan model Skull Canyon yang baru saja dirilis hingga 2017 nanti. NUC Skull Canyon tersebut masih akan diperkuat dengan prosesor Intel Core 6th-gen.

Rencana update NUC seccara reguler dan konsisten sudah disusun Intel setidaknya hingga tahun 2018. Seperti yang sudah dilakukan Intel di notebook, NUC dalam dua tahun ke depan akan hadir di pasar dalam beragam konfigurasi untuk mengemban misi memenuhi semua kebutuhan berbagai lapis konsumen. Akankah PC small-form-factor seperti Intel NUC bakal menjadi ‘tambang baru’ Intel yang sudah pamit dari pasar prosesor mobile tahun ini? Kita lihat saja dalam beberapa tahun ini?

 

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS