September 30, 2015

Google Hadirkan LG Nexus 5X dengan Layar Full-HD 5.2 Inci dan Android 6.0 Marshmallow

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Google Hadirkan LG Nexus 5X dengan Layar Full-HD 5.2 Inci dan Android 6.0 Marshmallow  

MOBITEKNO – Google akhirnya resmi mengumumkan dua smartphone terbaru Nexus di akhir bulan September 2015 ini setelah banyak diberitakan berbagai media beberapa waktu sebelumnya. Kedua Nexus terbaru ini, Nexus 5X dari LG dan Nexus 6P dari Huawei diumumkan Google pada acara di San Francisco, AS.

Spesifikasi Nexus 5X

Nexus 5X seperti yang diindikasikan dari namanya, merupakan penerus seri LG Nexus 5 sebelumnya yang telah diluncurkan pada tahun 2013. Kehadiran Nexus 5X berarti menambah portofolio LG sebagai produsen yang telah bekerjasama dengan Google sebanyak tiga kali dalam merilis smartphone Nexus. Ketiga Nexus tersebut antara lain, Nexus 4, Nexus 5, dan Nexus 5X.

Nexus 5X hadir dengan layar Full-HD 5.2 inci (resolusi 1920 x 1080 pixel) yang diperkuat teknologi proteksi layar Gorilla Glass 3. Untuk urusan dapur pacu, Qualcomm kembali dirangkul LG untuk memasang chip hexa-core-nya (6 core) yang berbasis 64 bit, Snapdragon 808 MSM8992 (Quad-core 1.44 GHz Cortex-A53 & dual-core 1.82 GHz Cortex-A57)

Seperti model LG Nexus 5 yang dirilis dua tahun lalu, Nexus 5X pun tidak mengalami perubahan kapasitas memori atau RAM (masih tetap berkapasitas 2 GB). Begitu juga dengan jenis RAM yang masih berjenis LPDDR3 (terkait pemakaian Snapdragon 808), bukannya RAM yang lebih baru LPDDR4 yang sudah mulai diadopsi beberapa smartphone flagship, seperti OnePlus Two atau Samsung Galaxy S6, Note5, variannya.

Aspek kamera Nexus 5X juga mengalami peningkatan dengan dukungan sensor 12.3 MP (aperture f/2.0) dengan ukuran pixel 1.55 mikron (µm) untuk kamera utama (belakang) dan 8 MP (aperture f/2.2) untuk kamera depan (selfie).

Hal yang cukup disayangkan pada kamera Nexus 5X adalah absennya fitur Optical Image Stabilization (OIS) yang sebelumnya sudah tersedia pada smartphone Nexus terdahulu (LG Nexus 5 dan Motorola Nexus 6).

Sertakan port USB Type-C, sensor sidik jari, dan Android 6.0 Marshmallow

Seperti tren pada smartphone flaghsip di tahun 2015, Nexus 5X telah menyertakan USB jenis baru dengan konektor USB Type-C dan sensor sidik jari (fingerprint scanner). Seperti yang diduga juga, Nexus 5X sudah berjalan dengan sistem operasi mobile Google terbaru, Android OS 6.0 Marshmallow.

Salah satu upgrade terpenting Nexus 5X adalah hadirnya teknologi sensor sidik jari (fingerprint scanner) di sisi belakangnya yang disebut Nexus Imprint. Nexus 5X menambah deretan smartphone dengan teknologi yang digunakan untuk sistem keamanan dan pembayaran (Android Pay). Sebelumnya, teknologi sidik jari juga sudah diadopsi beberapa smartphone besutan Samsung, Apple, dan Huawei.

LG Nexus 5X yang tersedia dalam tiga jenis warna bodi ini (Charcoal Black, Quartz White, Ice Blue) akan dijual seharga US$ 379 (varian 16 GB) dan US$ 429 (varian 32 GB). Google sudah membuka pre-order Nexus 5X di negara AS, Inggris, Jepang, dan Irlandia dan akan mulai melakukan proses pengiriman ke pembeli di bulan Oktober ini.

Setelah Apple Care menerapkan program perlindungan tambahan bagi pengguna iPhone, Google pun tidak mau ketinggalan menggelar program serupa bernama Nexus Protect dengan biaya tambahan sebesar US$ 69.

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS