September 30, 2015

Ada Kontribusi SOLIDWORKS dalam Pengembangan Awal Termostat Pintar Google Nest

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Ada Kontribusi SOLIDWORKS dalam Pengembangan Awal Termostat Pintar Google Nest  

MOBITEKNO – Dana segar sudah banyak digelontorkan Google untuk membeli banyak startup atau perusahaan kecil yang dianggap punya keunggulan inovasi di masa mendatang. Salah satu peruntukkan dananya sebesar US$ 3,2 miliar telah dipakai Google untuk mengakuisisi perusahaan Nest Labs.

Nest Labs yang dibentuk oleh mantan desainer Apple, Tony Fadell, dikenal sebagai perusahaan yang mengkhususkan diri dalam membuat produk-produk rumahan dengan fungsi otomatis, seperti termostat Nest, alat deteksi asap rokok, dan perangkat sekuriti lainnya.

Nest (Nest Learning Thermostat) merupakan termostat yang sejalan waktu akan mempelajari kebiasaan pengguna saat mengontrol temperatur ruangan di rumah. Adanya Nest diklaim Google bisa menekan konsumsi energi secara signifkan.

Potensi besar termostat Nest yang kelak bisa berkomunikasi dengan setiap barang elektronik yang ada di rumah boleh jadi menjadi salah satu alasan Google untuk membeli perusahaan pembuatnya, yakni Net Labs di tahun 2014.

Kesuksesan Tony Fadell dalam membuat termostat Nest yang inovatif ini, hingga akhirnya menarik perhatian Google, tidak terlepas dari peranan software 3D modelling SOLIDWORKS dalam tahapan pengembangan produk Nest dari awal proses desain hingga akhirnya menjadi suatu produk akhir yang dijumpai di pasaran.

Hal ini terungkap saat Ba Thong Phan, Senior Technical Manager, SOLIDWORKS AP South, Dassault Systemes, memberikan uraiannya seputar versi terbaru SOLIDWORKS 2016 di Jakarta baru-baru ini (29/9/2015).

Apa yang diungkap Ba Thong Phan pernah diutarakan Tony Fadell tiga tahun lalu di acara SOLIDWORKS World 2012. Tony mengatakan bahwa pada tahap awal pengembangan produk Nest, tim kecil mereka (sekitar 8 hingga 10 orang) membutuhkan tool yang bisa mengakomodir komunikasi antara desainer, insinyur, dan pihak terkait lainnya dalam pengembangan produk Nest.

Software 3D modelling SOLIDWORKS bukan hanya mendukung proses desain produk tapi juga membantu tim Nest Labs mewujudkan prototipe produk awal untuk diujicoba dan divalidasi sebelum akhirnya memasuki proses manufaktur sebenarnya.

 

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS