August 4, 2016

Adopsi Android Marshmallow Tembus 15 Persen

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Adopsi Android Marshmallow Tembus 15 Persen  

MOBITEKNO – Setelah diumumkan di ajang Google I/O pada bulan Mei 2015 dan resmi dirilis lima bulan kemudian (Oktober 2105), adopsi mobile OS Google, Android Marshmallow (Android 6.0) dilaporkan telah menembus angka 15 persen.

Konfirmasi ini diperoleh setelah Google meng-update tabel Android Platform Distribution pada bulan Agustus ini. Adopsi Android Marshmallow sebesar 15,2 persen pada berbagai mobile device ini berarti menunjukkan peningkatan dari adopsi bulan lalu yang mencapai 13,3 persen.

Android Marshmallow pertama kali baru masuk dalam daftar tabel Android Platform Distribution pada bulan November 2015 dengan persentase adopsi hanya 0,3 persen. Peningkatan adopsi Android Marshmallow yang terjadi siginifikan tahun ini didorong oleh banyaknya smartphone baru berbasis Android terbaru tersebut yang hadir di pasar.

Tren peningkatan juga masih terjadi pada Android versi sebelumnya, Lollipop yang menigkat dari 35,1 persen menjadi 35,5 persen. Sebaliknya Android 4.4 KitKat terus mengalami penurunan hingga ke level 29,2 persen (turun dari 30,1 persen).

Sementara itu, dengan porsi distribusinya yang sebesar 16,6 persen, Android Jelly Bean (4.1, 4.2, dan 4.3) sejauh ini masih lebih banyak digunakan di perangkat Android dibandingkan Marshmallow.

Khusus versi lama Android (Ice Cream Sandwich, Gingerbread, dan Froyo) perlahan-lahan mulai menghilang di pasar dengan adopsi berturut-turut hanya 1,6 persen, 1,7 persen, dan 0,1 persen.

Bulan depan, Google diharapkan akan segera mengumumkan Android 7.0 Nougat yang akan menyambangi smartphone Nexus 6P dan nexus 5X, serta dua smartphne terbaru HTC Nexus dan LG V20.

 

 

Tags: , , , , , , , , , ,


COMMENTS