June 27, 2015

Ford Tatap Masa Depan dengan Produk Ramah Lingkungan

Penulis: Desmal Andi
Ford Tatap Masa Depan dengan Produk Ramah Lingkungan  

MOBITEKNO – Pabrikan mobil Ford terus berusaha untuk mengubah cara dunia bergerak. Hal ini disampaikan dalam sebuah laporan Suistainability tahunan ke-16 yang dikeluarkan Ford belum lama ini.

Salah satu usaha dalam membuat produk masa depan adalah dengan mengurangi tingkat limbah produksi ke tempat pembuangan akhir (TPA). Dan hal ini bisa dilakukan Ford dengan tercapainya status nol limbah ke TPA Hermosillo Stamping and Assembly Plant di Chihuahua pada awal tahun ini.

Dengan keberhasilan pabrik Cuautitlan an Chihuahua di Meksiko ini, Ford menyatakan perusahaannya telah mengurangi limbah ke TPA global sebanyak 40 persen per kendaraan yang diproduksi tahun 2011 sampai 2016. Sebelumnya Ford juga telah mengurangi limbah ke TPA sebanyak 40 persen dari 2007 sampai 2011.

“Ford bangga bahwa semua fasilitas produksinya di Meksiko tidak membuang limbah ke TPA lagi,” ujar Andy Hobbs, Director Ford Environmental Quality Office. “Kami juga sedang mengurangi jejak lingkungan global kami sambil terus mempertahankan sistem produksi kelas dunia,” tambahnya.

Usaha yang dilakukan Ford ini sudah berjalan hampor lima tahun untuk menjadikan pabrik produksi Ford Meksiko bersih dari limbah. Kini,limbah dari kafetaria pun yang mencapai 45 ton bisa dibuat menjadi kompos dan digunakan kembali untuk para petani di sekitar pabrik. Begitu juga dengan berbagai pelarut dan kepingan aluminium yang di daur ulang agar bisa digunakan kembali.

Usaha ramah lingkungan dari Ford juga diterapkan pada kendaraan yanng dihasilkannya. Dari laporan tersebut menyatakan Ford telah mengurangi emisi CO2 sebanyak 30 persen per kendaraan yang diproduksi pada tahun 2015. Sementara produksi dari tahun 2014 kee 2014, emisi CO2 per kendaraan dapat berkurang sebanyak 2,4 persen.

 

Tags: , ,


COMMENTS