July 25, 2015

Gandeng Michelin, Ford Kembali ke Arena Le Mans

Penulis: Elizabeth Swanti
Gandeng Michelin, Ford Kembali ke Arena Le Mans  

MOBITEKNO -Setelah hampir setengah abad absen dari arena Le Mans, tahun depan, Ford akan kembali lagi ke ajang bergengsi tersebut. Tak hanya akan memamerkan dua mobil di Le Mans sebagai bagian dari seri FIA WEC tersebut, produsen mobil besutan Henry Ford ini juga menggandeng Michelin sebagai mitra teknologi ban eksklusif.

Dengan dua kombinasi tersebut, Ford berharap untuk masuk empat besar dengan EcoBoost® mobil bertenaga Ford GT di ajang tersebut. Sebelumnya, Ford pernah memenangkan ajang Le Mans selama 4 tahun berturut-turut pada 1966-1969 dengan Ford GT40.

Ford akan bersaing di kelas Le Mans Grand Touring Endurance Professional (LM GTE Pro) melawan tim lainnya termasuk Corvette, Ferrari, dan Porsche antara lain. Kendaraan di kelas ini harus mematuhi aturan penggunaan ban ketat dengan delapan set ban yang dialokasikan untuk latihan bebas, kualifikasi dan pemanasan dengan total 16 set untuk seluruh balapan itu sendiri. Michelin telah bermitra dengan 23 pemenang lomba secara keseluruhan termasuk menang selama 17 kali berturut-turut di kelas GT sejak 2007.

"24 Jam Le Mans adalah dasar utama bagi produsen untuk menguji teknologi baru di industri ini," kata Pascal Couasnon, direktur Michelin motorsport melalui siaran persnya.

"Kami sangat bersemangat untuk memiliki Michelin sebagai mitra teknologi ban eksklusif kami untuk program balap Ford GT," kata Dave Pericak, direktur Kinerja Ford. "Mereka sudah menjadi mitra kunci kami pada pegembangan dan produksi Ford GT, dan tidak diragukan lagi bahwa mereka memiliki pengalaman dunia kelas dalam mengembangkan ban kinerja untuk balap mobil sport."

Ban Michelin juga digunakan pada mobil Ford GT Road yang diluncuran pertama kali pada North American International Auto Show 2015.

Tags: , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES