December 17, 2015

Kaca Mobil Gorilla Glass akan Digunakan Pertama Kali pada Supercar Ford GT

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Kaca Mobil Gorilla Glass akan Digunakan Pertama Kali pada Supercar Ford GT  

MOBITEKNO – Ford dan Corning bekerjasama untuk mengembangkan kaca mobil, khususnya bagian depan (windshield) berjenis Gorilla Glass. Ekspansi Corning ke industri otomotif merupakan strategi mereka berikutnya setelah produk kaca tahan goresnya banyak digunakan pada layar smartphone, tablet, dan beberapa notebook.

Kaca windshield berbahan Gorilla Glass direncanakan akan memulai debutnya pada mobil supercar Ford, yakni 2017 Ford GT. Material kaca yang dirancang khusus untuk mobi 2017 Ford GT ini bertujuan bukan hanya untuk meningkatakan daya tahan kacanya (anti pecah dan gores), tapi juga akan berbobot lebih ringan daripada kaca mobil umumnya.

Selain digunakan untuk kaca windscreen 2017 Ford GT, kaca Gorilla Glass terbaru ini nantinya juga digunakan sebagai penutup mesin (engine cover), dan pemisah antara kabin dan ruang mesin.

Kaca mobil yang digunakan 2017 Ford GT akan terbuat dari tiga lapisan material transparan (tembus pandang). Lapisan pertama yang ada di sisi dalam terbuat dari bahan hybrid berbasis Gorilla Glass, lapisan tengah dari bahan thermoplastic peredam kebisingan, dan lapisan terluar dari bahan annealed glass.

Menurut Ford kaca ini akan lebih tipis 50 persen dibandingan kaca mobil standar. Selain itu, bobot total 2017 Ford GT akan bisa berkurang sekitar 5 kg. Meskipun bobotnya hanya berkurang sedikit, setiap bagian mobil punya peran penting dalam mengurangi bobot total mobil.

Kaca berbahan gelas ‘tahan banting’ ini akan menjadi kombinasi yang cocok dengan bahan lainnya, yaitu serat karbon yang juga ringan dan kuat. Serat karbon akan digunakan sebagai bahan chassis, bodywork, velg, dan rem.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS