July 25, 2015

Ini Dia 3 Kado Gadget yang Paling Populer untuk Anak Sekolah

Penulis: Elizabeth Swanti
Ini Dia 3 Kado Gadget yang Paling Populer untuk Anak Sekolah  

MOBITEKNO – Mengikuti perkembangan jaman, anak sekolah kini juga menginginkan hadiah yang berbeda untuk merayakan kenaikan kelas atau kelulusannya. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Asurion, sebuah perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Tablet, Smartphone, dan Laptop, merupakan tiga gadget yang paling laris menjadi kado bagi anak sekolah di negara Paman Sam tersebut.

Dalam survei yang melibatkan 1.100 responden remaja sekolah di Amerika Serikat sepanjang semester pertama tahun ini, smartphone menempati peringkat teratas sebagai kado terpopuler diantara ketiganya. Angka harapan ini meningkat dibanding tahun sebelumnya yang dikuasai oleh tablet dan laptop.

Dalam survei tersebut, 51 persen anak sekolah menginginkan smartphone sebagai hadiah kenaikan kelas, sementara 43 persen lainnya diinginkan oleh mahasiswa yang lulus kuliah. Jumlah ini meningkat sebesar 9 persen dari tahun sebelumnya, dan 16 peren di tahun 2015.

Sementara, di tahun sebelumnya, 58 persen anak sekolah menginginkan laptop sebagai hadiah, semnetara 44 persen lainnya diinginkan oleh mahasiswa yang akan lulus kuliah. Di tahun 2015 ini, permintaan tablet sebagai kado oleh pelajar sekolah menurun menjadi 4 persen dan 13 persen lainnya oleh mahasiswa yang akan llulus kuliah.

Menariknya, meski jumlah anak sekolah yang menginginkan smartphone sebagai kado kenaikan kelas atau kelulusan mereka juga meningkat, namun hal ini juga diiringi dengan semakin besarnya masalah yang dihadapi mereka ketika berada di sekolah. Sebagian sekolah di Amerika Serikat kini memberlakukan pelarangan membawa smartphone dalam kelas pada jam belajar.

Apa yang membuat peminat smartphone di kalangan anak sekolah ini bertambah?

Sementara pelajar atau anak sekolah memanfaatkan fungsi smartphonenya untuk mengakses media sosial dan bermain game, para mahasiswa yang disurvei ternyata lebih banyak menggunakan smartphonenya untuk bersantai. Sekitar 70 persen responde mahasiswa yang disurvei Asurion mengatakakn bahwa smartphone merupakan ‘pelarian’ mereka ketika mengalami stres di kampus. Semenara itu, 6 dari 10 mahasiswa mengaku bahwa mereka memilih menonton acara tv melalui smartphone.

Meski jumlah permintaan akan tablet dan laptop sebagia kado kelulusan menurun tahun-tahun belakangan, namun para responden tersebut tak menyangkal bahwa kedua gadget tersebut merupakan hal terpenting di sekolah dan kampus. Dan meski mengakui bahwa mereka menginginkan smartphone sebagai kado, namun 87 persen responden mengatakan bahwa laptop merupakan benda teknologi terpenting untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah atau kuliah ketimbang smartphone. 

Tags: , , , , ,


COMMENTS