July 14, 2015

Mengintip Kabin Lega dari Mobil Google yang Tanpa Kemudi

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Mengintip Kabin Lega dari Mobil Google yang Tanpa Kemudi  

 

MOBITEKNO – Mobil tanpa kemudi (autonomous car/driverless car/self driver car) memang masih jauh implementasi masifnya untuk dipakai pengguna umum di jalanan. Namun, Google dan berbagai perusahaan lainnya jalan terus dalam "petualangannya" menuju autonomous car ideal yang efisien, aman, dan nyaman bagi semua pihak.

Mobil Google tanpa kemudi ini sudah muncul di jalanan setahun lebih sejak diperkenalkan Mei tahun lalu sebagai bagian dari Project X-nya. Terakhir, selain melakukan uji coba berkeliling kota di seputaran Mountain View, California, sistem autonomous car-nya juga diuji coba Google pada mobil lainnya, Lexus SUV, di jalanan kota Austin, Texas.

Kembali ke mobil "kutu" tanpa kemudi, belum lama ini Google pun menunjukkan prototipe terbarunya di acara Community School of Music & Arts, di Mountain View, California. Acara ini merupakan bagian dari "Paint The Town Project" yang mengajak para artis (http://www.google.com/selfdrivingcar/paint/) di California untuk menampilkan karya lukisannya di pintu mobil Google tersebut agar bisa dijadikan sebagai karya seni untuk konsumsi publik.

Pada acara ini, publik setempat dipersilahkan melihat lebih dekat ruang kabin mobil "kutu" Google tersebut. Matt McFarland dari The Washington Post pada kicauannya di Twitter menunjukkan beberapa foto bagian dalam kabin mobil tersebut.

Kesan pertama yang terlihat pada kabin dari Google autonomous car prototipe terakhir ini adalah ruang kabinnya yang lega dan tanpa adanya kemudi atau setir mobil.

Tidak adanya kursi di baris terdepan berdampak positif pada kenyamanan dua penumpangnya karena bisa lebih nyaman meluruskan kedua kakinya jika mulai merasa penat saat berada lama di dalam kabin.

Selain ruang kabin lega dan tanpa adanya kemudi/setir, desain interiornya juga berkesan seperti seperti mobil "mainan" dengan material bodi plastik dan wadah plastik besar di bagian depan kursi penumpang. Interior kabinnya mungkin akan masih mengalami perubahan hingga versi komersialnya nanti.

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS