March 6, 2017

Lexus Jadi Mobil Uji Coba Pertama Toyota dengan Teknologi Self Driving dan AI

Penulis: Iwan RS
Lexus Jadi Mobil Uji Coba Pertama Toyota dengan Teknologi Self Driving dan AI  

MOBITEKNO – Sudah banyak perusahaan teknologi, misalnya saja Google atau Tesla, yang sedang giat-giatnya melakukan riset untuk menciptakan mobil yang bisa berkeliaran secara aman di jalan tanpa intervensi pengemudi.

Meski 'petualangan' menuju mobil otonom (autonoous car) yang ideal masih panjang, arah mobil masa depan hampir pasti tidak akan jauh-jauh dari adanya fitur tersebut. Oleh karenanya, tidak heran jika raksasa otomotif Jepang, Toyota, juga sudah mulai melaukukan riset yang sama tersebut.

Baru-baru ini, Toyota melalui Toyota Research Institute (TRI) memperkenalkan kendaraan otonomo pertamanya pada acara Prius Challenge. Kendaraan yang di uji coba tersebut adalah Lexus LS 600HL yang dilengkapi dengan Lidar (LIDAR atau LiDAR), radar, dan serangkaian kamera. Kombinasi ini bertujuan untuk mengurangi ketergantungan sistem autonomous ini terhadap peta definis tingi (high-definition map).

Ada dua sistem yang diimplementasikan pada mobil ini, yaitu Chauffeur dan Guadian. Chauffeur adalah sistem mobil otonom yang terus aktif selama perjalanan yang masuk kategori self-driving Level 4. Level 4 berarti mobil ini akan bisa berjalan secara otomotis tanpa perlu pengemudi untuk mengontrol setir dan pedal (pada area yang ditentukan).

Adapun Guardian merupakan sistem untuk mendukung pengemudi (driver assistance) yang memantau area di sekitar mobil dan memperingati pengemudi akan adanya bahaya agar bisa mengambil alih kemudi jika dibutuhkan.

Toyota meyakini Guardian akan lebih cepat dan luas dikembangakan dan diterapkan daripada Chauffeur. Guardian mirip dengan teknologi yang sudah diterapkan Toyota selama ini dalam sistem pengeraman kendaraan, yaitu Automatic Emergency Breaking.

Lexus LS 600HL merupakan bagian dari investasi miliar-an Dolar yang digelontorkan Toyota ke TRI untuk melakukan riset dan pengembangan teknologi AI untuk diterapkan pada mobil dan asistem robot di rumah.

 

Tags: , , , , , , , , , ,


COMMENTS